EFEKTIVITAS PENGELOLAAN ZAKAT PRODUKTIF MELALUI PROGRAM BALAI TERNAK BAZNAS DALAM UPAYA MENINGKATKAN EKONOMI MUSTAHIK (STUDI KASUS BAZNAS KABUPATEN PURWOREJO TAHUN 2022)

Fitri, Rahmawati (2024) EFEKTIVITAS PENGELOLAAN ZAKAT PRODUKTIF MELALUI PROGRAM BALAI TERNAK BAZNAS DALAM UPAYA MENINGKATKAN EKONOMI MUSTAHIK (STUDI KASUS BAZNAS KABUPATEN PURWOREJO TAHUN 2022). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Fitri Rahmawati_Efektivitas Pengelolaan Zakat Produktif Melalui Program Balai Ternak Baznas dalam Upaya Meningkatkan Ekonomi Mustahik (Studi Kasus BAZNAS Kabupaten Purworejo Tahun 2022).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam konteks ekonomi Islam, zakat menjadi salah satu metode yang efisien untuk meningkatkan perekonomian Salah satu cara menyalurkan dana yang sesuai untuk meningkatkan perekonomian adalah melalui zakat produktif. Salah satu program zakat produktif yang ada di BAZNAS Kabupaten Purworejo yaitu Balai Ternak BAZNAS. Program ini merupakan program pemberdayaan untuk memberdayakan ekonomi kelompok mustahik di sektor peternakan dengan cara meningkatkan produktivitas ternak, sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan para peternak. Program ini merupakan bantuan dari BAZNAS RI yang kemudian dilaksanakan oleh BAZNAS Kabupaten Purworejo. Adapun hewan ternak yang diberikan berupa unggas ayam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis menggunakan teknik triangulasi, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam melaksanakan pengelolaan zakat produktif melalui program Balai Ternak, Baznas Kabupaten Purworejo menerapkan empat fungsi manajemen utama, yaitu perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penggerakan (actuating), dan pengawasan (controlling). Dalam menentukan efektivitas program Balai Ternak, Baznas menggunakan empat indikator utama: ketepatan sasaran program, sosialisasi program, keberhasilan tujuan program, dan pendampingan serta pemantauan program. Ketepatan sasaran program memastikan bahwa bantuan diberikan kepada mereka yang benar-benar membutuhkan dan memiliki potensi untuk berkembang.Sosialisasi program yang baik memastikan bahwa mustahik memahami tujuan dan manfaat dari program tersebut. Keberhasilan tujuan program dilihat dari peningkatan pendapatan mustahik dan kemampuan untuk membayar ZIS ke Baznas. Pendampingan dan pemantauan yang terus menerus membantu mustahik dalam mengatasi tantangan dan memastikan keberlanjutan usaha mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Program Balai Ternak Baznas, Peningkatan Ekonomi
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat
2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.14 Zakat
2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.14 Zakat > 2x4.144 Penerima Zakat (Mustahiq)
2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.14 Zakat > 2x4.149 Zakat lainnya
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: FITRI RAHMAWATI sdri
Date Deposited: 19 Jul 2024 01:45
Last Modified: 19 Jul 2024 06:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26607

Actions (login required)

View Item View Item