INTERNALISASI SIKAP RELIGIUSITAS DAN SIKAP DISIPLIN DALAM KEGIATAN "30 MENIT BERSAMA SMANA" DI SMA NEGERI 1 AJIBARANG, BANYUMAS

Alfina, Ragista Cahyani (2024) INTERNALISASI SIKAP RELIGIUSITAS DAN SIKAP DISIPLIN DALAM KEGIATAN "30 MENIT BERSAMA SMANA" DI SMA NEGERI 1 AJIBARANG, BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Alfina Ragista Cahyani_INTERNALISASI SIKAP RELIGIUSITAS DAN SIKAP DISIPLIN DALAM KEGIATAN 30 MENIT BERSAMA SMANA DI SMA NEGERI 1 AJIBARANG, BANYUMAS.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dalam dunia pendidikan, salah satu tugas guru yaitu mendidik dengan cara membiasakan, memberikan teladan yang baik, memberikan dukungan dan motivasi serta memberikan pengaruh yang positif dalam proses pendewasaan peserta didik. Pembelajaran di sekolah memiliki peran dalam mengajarkan beberapa hal, diantaranya membentuk sikap yang baik yakni : pendidikan religius, kedisiplinan, jujur, toleransi, serta tanggung jawab. Sikap religiusitas merupakan keadaan dalam diri seseorang dalam menghadapi kehidupan dunia yaitu dengan melaksanakan perintah sang pencipta dan menjauhi segala larangan-Nya. Selain religiusitas, kedisiplinan juga tidak kalah penting dalam meningkatkan kualitas sikap peserta didik. Melalui kegiatan 30 Menit bersama SMANA ini, peserta didik dalam menginternalisasikan sikap religiusitas dan disiplin melalui rangkaian kegiatan setiap harinya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan internalisasi sikap religiusitas dan disiplin dalam kegiatan “30 Menit Bersama SMANA” di SMA Negeri 1 Ajibarang, Banyumas. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini meliputi Kepala SMA Negeri 1 Ajibarang, Waka Kesiswaan SMA Negeri 1 Ajibarang, Guru Pembentuk kegiatan 30 Menit bersama SMANA, Guru PAI SMA Negeri 1 Ajibarang dan Peserta didik SMA Negeri 1 Ajibarang. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk metode analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses internalisasi sikap religiusitas dan disiplin dapat dilakukan menggunakan tiga tahapan yaitu : tahap tranformasi nilai, tahap transaksi nilai, dan tahap transinternalisasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi, Sikap Religiusitas, Disiplin
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ALFINA RAGISTA CAHYANI
Date Deposited: 19 Jul 2024 01:49
Last Modified: 19 Jul 2024 01:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26598

Actions (login required)

View Item View Item