Pangga, Fajar Dwi (2024) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PENGGUNA E-COMMERCE TOKOPEDIA DI PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
FAJAR DWI PANGGA_PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PENGGUNA E-COMMERCE TOKOPEDIA DI PURWOKERTO.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Perkembangan teknologi informasi membawa pengaruh besar pada perdagangan dengan memunculkan sebuah perdagangan digital yang di sebut e-commerce. Meningkatnya pengguna internet di Indonesia menjadi faktor utama terdapat banyak e-commerce di Indonesia dimana salah satunya adalah Tokopedia. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas produk dan promosi terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan sebagai variabel intervening pada pengguna e-commerce Tokopedia. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif, populasinya adalah pengguna e-commerce Tokopedia di purwokerto dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden yang diambil dari metode nonprobability sampling, dan teknik penarikan sampel menggunakan purposive sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Structural Equation Model-Partial Least Square (SEM-PLS) dengan menggunakan software Smart-PLS versi 4. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kualitas Produk dan Promosi berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan. Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas. Promosi tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap Loyalitas. Kepuasan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas. Kualitas Produk dan Promosi berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas melalui Kepuasan sebagai variabel intervening. Bagi Tokoepdia diharapkan kepada tokopedia untuk meningkatkan promosi terutama promosi yang menarik pengguna, seperti diskon, cashback, gratis ongkir, flash sale, dan berbagai promosi menarik lainnya. Bagi peneliti lain disarankan untuk memperluas cakupan variabel yang diteliti dan menambah variabel lain yang berpengaruh terhadap loyalitas melalui kepuasan, menggunakan alat analisis lainnya dan perluasan objek penelitian.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Produk, Promosi, Loyalitas, Kepuasan |
Subjects: | 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 381 Internal commerce (Domestic trade) 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Fajar Dwi Pangga sdr |
Date Deposited: | 18 Jul 2024 08:30 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 08:30 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26596 |
Actions (login required)
View Item |