STRATEGI PREVENTIF GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGANTISIPASI TINDAK BULLYING DI SMPN 2 SUMPIUH BANYUMAS

Zulfatun, Ni'mah (2024) STRATEGI PREVENTIF GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGANTISIPASI TINDAK BULLYING DI SMPN 2 SUMPIUH BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ZULFATUN NI'MAH_STRATEGI PREVENTIF GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGANTISIPASI TINDAK BULLYING DI SMPN 2 SUMPIUH BANYUMAS .pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Bullying merupakan suatu bentuk perilaku negatif yang diwujudkan dengan perlakuan secara tidak sopan dan penggunaan kekerasan atau paksaan untuk mempengaruhi orang lain, yang dilakukan secara berulang atau berpotensi untuk terulang. Fenomena bullying tidak hanya memengaruhi korban secara emosional dan psikologis, tetapi juga berdampak negatif pada suasana sekolah secara keseluruhan. Di SMP Negeri 2 Sumpiuh, tindak bullyingterjadi baik secara verbal maupun non verbal. Untuk mengantisipasi kasus bullying berkembang menjadi kasus yang lebih serius, guru BK menerapkan strategi preventif bimbingan konseling untuk mengatasinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi preventif seperti apa yang diterapkan guru BK di SMP Negeri 2 Sumpiuh dan hambatan dalam pelaksanaannya. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian 4 informan yang terdiri dari 3 guru BK sekolah dan 1 kepala sekolah. Metode pengumpulan data melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan triangulasi yang kemudian dilakukan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian disimpulkan bahwa strategi preventif yang diterapkan guru BK di SMP Negeri 2 Sumpiuh, yaitu pendidikan dan kesadaran, pembentukan budaya sekolah inklusif, pembentukan kelompok anti-bullying, dan kemitraan dengan orang tua. Kemudian, hambatan dalam pelaksanaan strategi preventif dalam mengantisipasi tindak bullying adalah kurangnya kesadaran dan pemahaman siswa tentang bullying, serta adanya toleransi terhadap bullying.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Preventif, Guru Bimbingan Konseling, Bullying
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Zulfatun Ni'mah
Date Deposited: 18 Jul 2024 07:59
Last Modified: 18 Jul 2024 07:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26593

Actions (login required)

View Item View Item