Strategi dakwah takmir masjid baitul hikmah dalam mempersuasi jama'ah sholat subuh

Lu'lu', Fuada (2024) Strategi dakwah takmir masjid baitul hikmah dalam mempersuasi jama'ah sholat subuh. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Lu'lu' Fuada_Strategi Dakwah Takmir Masjid .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masjid dapat dikatakan Makmur dilihat dari cerminan umatnya. Maka dari itu tugas seorang takmir masjid ialah memakmurkan masjid dengan dapat menarik jamaahnya untuk ke masjid. Dalam meningkatkan jamaah sholat subuh perlu adanya strategi dakwah. Seperti halnya masjid Baitul hikmah, mempunya strategi dakwah tersendiri untuk mengajak jamaah sholat subuh yaitu dengan pendekatan jasmani melalui adanya kegiatan sosial dan kegiatan ekonomi keumatan. Dan pendekatan rokhani yaitu dengan kegiatan kagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode dakwah yang digunakan oleh takmir masjid Baitul Hikmah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan data diperoleh melalui dokumentasi, wawancara, dan observasi ke lapanga, dan wawanvara kepada takmir masjid. Selanjutnya, analisis deskriptif kualitatif diterapkan pada data yang dianalisis. Hasil penelitian ini berfokus pada peningkatan jamaah sholat subuh sesuai dengan tahapan-tahapan strategi dakwah, dengan perencanaan strategi dakwah yang dapat menarik jamaah sholat subuh yaitu dengan merencanakan kegiatan keagamaan berupa kajian ba’da subuh dan sholat shuruq yang dilakukan setiap hari, kegiatan sosial sarapan bersama selain untuk meningkatkan jamaah sholat subuh juga untuk mempererat silaturahmi jamaah satu sama lain. Serta dengan kegiatan ekonomi keumatan pasar ahad pagi, kegiatan ini merupakan program unggulan yang diadakan setiap satu bulan sekali yang perencanaannya dengan menganalisis peluang,ancaman,kekuatan, dan juga kelemahan. Selain mengasilkan strategi khusus untu meningkatkan jamaah juga ada strategi alternatif yaitu dengan pendekatan personal, mengundnagn pembicara dari luar , dan membranding masjid dengan sosial media. Pengimplemetasian strategi yang di support oleh jamaah sekitar, antusias jamaah disetiap kegiatan masjid dan donatur untuk mensukseskan kegiatan. Untuk tahapan selanjutnya yaitu evaluasi kegiatan yang meliputi penilaian antusias jamaah dan pendanaan kegiatan. Selain itu dalam merencanakan strategi dakwah ada efek dari itu yaitu yang semula jamaahnya kurang lebih lima puluh jamaah dan sekarang bertambah dua kali lipat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi dakwah, mempersuasi, jama'ah sholat subuh
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.12 Shalat
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: Lu'lu' Fuada Sdri
Date Deposited: 18 Jul 2024 08:04
Last Modified: 18 Jul 2024 08:04
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26588

Actions (login required)

View Item View Item