STRATEGI PENINGKATAN PRODUKTIVITAS MASYARAKAT DESA MELALUI PEMANFAATAN POTENSI LOKAL LIDI DAUN KELAPA (STUDI KASUS PADA KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUBE) GRIYA KREATIF DESA KEDUNGWRINGIN KECAMATAN JATILAWANG KABUPATEN BANYUMAS)

Risma Dwi, Juniati (2024) STRATEGI PENINGKATAN PRODUKTIVITAS MASYARAKAT DESA MELALUI PEMANFAATAN POTENSI LOKAL LIDI DAUN KELAPA (STUDI KASUS PADA KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUBE) GRIYA KREATIF DESA KEDUNGWRINGIN KECAMATAN JATILAWANG KABUPATEN BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN Prof.K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Skripsi-Risma Dwi Juniati.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Peningkatan produktivitas merupakan suatu aktivitas yang memiliki tujuan untuk menghasilkan produk yang dalam prakteknya memanfaatkan sumber daya, kemampuan dan kekuatan yang dilakukan secara efektif dan efisien yang diharapkan setiap harinya akan mengalami peningkatan. Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Griya Kreatif adalah sebuah kelompok yang didirikan, berkembang, dan maju atas inisiatif sendiri untuk menjalankan kegiatan usaha yang menghasilkan manfaat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan produktivitas masyarakat desa melalui pemanfaatan potensi lokal lidi daun kelapa di Kube Griya Kreatif Desa Kedungwringin Kecamatan Jatilawang Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hal ini bertujuan untuk menggali data dan informasi lebih dalam. Berdasarkan hasil pembahasan, diketahui bahwa ada empat indikator untuk mengukur tingkat produktivitas masyarakat diantaranya kemampuan, meningkatkan hasil yang dicapai, semangat kerja dan pengembangan diri. Dari indikator diatas didapatkan hasil bahwa peningkatan produktivitas di Kube griya kreatif sudah meningkat dari tahun ketahun. Adapun bentuk strategi untuk meningkatkan produktivitas masyarakat meliputi perbaikan terus menerus, peningkatan mutu hasil pekerjaan dan pemberdayaan sumberdaya manusia (SDM).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Produktivitas, Pemanfaatan Potensi Lokal, Kelompok Usaha Bersama (Kube)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 640 Home economics and family living > 643 Housing and household equipment
Divisions: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Risma Dwi Juniati sdri
Date Deposited: 18 Jul 2024 07:47
Last Modified: 18 Jul 2024 07:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26579

Actions (login required)

View Item View Item