MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 KERTANEGARA PURBALINGGA

Khoirul, Fahmi (2024) MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 KERTANEGARA PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN. Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
KHOIRUL FAHMI_MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DALAM MATA PELAJARAN PAI DI SMP N 1 KERTANEGARA PURBALINGGA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan agama islam memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk sumber daya manusia yang berkualitas. Karena pendidikan agama islam bukan hanya memberikan pengetahuan, tetapi juga nilai-nilai spiritual kepada peserta didik sehingga dalam penyampaiannya memerlukan perencanaan model pembelajaran yang tepat dengan tujuan untuk mencapai tujuan dari pembelajaran itu sendiri. Seorang guru dituntut agar bisa memilih model pembalajaran yang tepat yang dapat disesuaikan dengan kondisi peserta didik sehingga akan tercipta kondisi belajar yang efektif. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu model pembelajaran snowball throwing. Skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis terkait implementasi model pembelajaran snowball throwing dalam mata pelajaran PAI di SMP N 1 Kertanegara Purbalingga. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan(field research), pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran snowball throwing sudah diterapkan di SMP N 1 Kertanegara Purbalingga dan dalam penerapannya sudah berjalan dengan baik. Hal itu bisa dilihat dari bagaimana guru PAI nya telah sesuai dalam merencankan, melaksanakan dan mengevaluasi dari model pembelajaran snowball throwing yang dilaksanakan. Model pembelajaran snowball throwing ini menciptakan kondisi kelas yang aktif sehingga partisipasi peserta didik akan lebih aktif dalam pembelajaran dan hasilnya tujuan pembelajaran akan tercapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi,Snowball Throwing,Pendidikan Agama Islam
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khoirul Fahmi Sdr
Date Deposited: 18 Jul 2024 08:25
Last Modified: 18 Jul 2024 08:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26574

Actions (login required)

View Item View Item