MANAJEMEN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS NASABAH PADA KSPPS (KOPERASI SIMPAN PINJAM PEMBIAYAAN SYARIAH) BTM (BAITUT TAMWIL MUHAMMADIYAH) PERKASA CABANG BOBOTSARI KABUPATEN PURBALINGGA

Indra, Prayoga (2024) MANAJEMEN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS NASABAH PADA KSPPS (KOPERASI SIMPAN PINJAM PEMBIAYAAN SYARIAH) BTM (BAITUT TAMWIL MUHAMMADIYAH) PERKASA CABANG BOBOTSARI KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
INDRA ANGGIT PRAYOGA_2017202088.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pelayanan adalah suatu kegiatan individu atau kelompok kepada konsumen namun tidak berwujud dan tidak dapat dimiliki. Manajemen pelayanan baik dipasar domestik (nasional) maupun di internasional menuntut sebuah perusahaan atau lembaga untuk merancang strategi guna menghadapi persaingan yang semakin yang saat ini semakin lama semakin kuat. Dalam kegiatan meningkatkan kinerja keuangan syariah di perlukan strategi manajemen pelayanan yang baik untuk menggaet nasabah guna melakukan transaksi dilembaga keuangan syariah. Seperti yang dilakukan KSPPS BTM (Baitut Tamwil Muhammadiyah) Perkasa cabang Bobotsari ini, dalam upaya meningkatkan kinerja pelayaanan terhadap nasabah, manajemen pelayanan yang digunakan adalah memaksialkan pelayanan guna membantu mempermudah nasabah untuk melakukan transaksi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Metode kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Penelitian ini dilakukan di KSPPS BTM (Baitut Tamwil Muhammadiyah) Perkasa cabang Bobotsari pada bulan juni tahun 2024. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala kantor cabang KSPPS BTM Perkasa cabang Bobotsari, customer service, teller, marketing dan nasabah. Penelitian menggunakan data primer dan data skunder yang merupakan data dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan terdapat tiga macam triangulasi yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik pengumpulan data, dan waktu. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pelayanan yang berkualitas meningkatkan kepuasan nasabah, kepuasan nasabah berperan penting dalam meningkatkan loyalitas, reputasi dan kepercayaan menjadi pondasi loyalitas, dan interaksi yang efektif juga meningkatkan pengalaman nasabah. Dengan demikian penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memahami hubungan yang kompleks antara manajemen pelayanan, kepuasan, dan loyalitas nasabah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Manajemen Pelayanan, Kepuasan dan Loyalitas Nasabah.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Indra Anggit Prayoga Sdr
Date Deposited: 18 Jul 2024 07:38
Last Modified: 18 Jul 2024 07:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26561

Actions (login required)

View Item View Item