ANALISIS STRATEGI DAYA SAING BERKELANJUTAN DALAM PENGOLAHAN LIMBAH TAHU TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN DAN KESETABILAN PRODUKSI (Studi Kasus Pada Home Industry Tahu Pak AHfan Kalikabong, Purbalingga)

Kumala, Egonofas (2024) ANALISIS STRATEGI DAYA SAING BERKELANJUTAN DALAM PENGOLAHAN LIMBAH TAHU TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN DAN KESETABILAN PRODUKSI (Studi Kasus Pada Home Industry Tahu Pak AHfan Kalikabong, Purbalingga). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Kumala Tri Egonofas_Analisis Strstegi Daya Saing Berkelanjutan Dalam Pengolahan Limbah Tahu Terhadap Peningkatan Pendapatan Dan Kesetabilan Produksi (Studi Kasus Pada Home Industry Tahu Pak Ahfan Kalimanah, Purbalingga).pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Strategi berkelanjutan merupakan cara yang dilakukan oleh pelaku usaha untuk meminimalisir dampak negatif bagi lingkungan sehingga dapat meningkatkan ekofisiensi dengan mengurangi resiko terhadap kesehatan manusia dan lingkungan. Untuk mewujudkan keberlanjutan dalam setiap kegiatan ekonomi maka suatu perusahaan melakukan berbagai upaya. Seperti yang dilakukan oleh Home Industry Tahu Pak Ahfan yang memiliki kegiatan produksi pada pembuatan tahu. untuk membuat tahu tentu menghasilkan limbah cair dan padat. Limbah tersebut jika tidak diolah dengan benar akan mengganggu kenyamanan dan kesehatan masyarakat sekitar. Untuk itu, perlu adanya strategi yang berdaya saing dengan menerapkan prinsip keberlanjutan dalam pengolahan limbah tahu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi daya saing yang berkelanjutan dalam mengolah limbah tahu terhadap peningkatan pendapatan dan kesetabilan produksi yang ada di Home Industry Tahu Pak Ahfan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengambilan data secara observasi, wawancara dan dokumentasi pada Home Industry Tahu Pak Ahfan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah konsep Miles dan Huberman. Teknik analisis data yang dikemukakan Miles dan Hubermen mengolah data dengan beberapa tahapan diantaranya reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang didapatkan adalah Home Industry Tahu Pak Ahfan menerapkan adanya inovasi produk dalam strategi daya saing berkelanjutan dalam pengolahan limbah tahu. inovasi tersebut menghasilkan bahan olahan makan baru yang kemudian dijual oleh Pak Ahfan. Dengan adanya inovasi produk, tentu terjadi peningkatan pendapatan yang diterima atas penjualan produk yang inovatif. Penerapan strategi daya saing berkelanjutan juga membuat produksi tahu yang dilakukan Pak Ahfan mengalami kesetabilan produksi dan peningkatan produksi pada momen tertentu. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan untuk mengungkapkan lebih jelas terkait dengan upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam menangani limbah tahu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Berkelanjutan, Inovasi, Peningkatan Pendapatan, Kesetabilan Produksi
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.31 Ekonomi Perburuhan
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Kumala Tri Egonofas Sdri
Date Deposited: 18 Jul 2024 08:44
Last Modified: 18 Jul 2024 08:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26560

Actions (login required)

View Item View Item