STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING USAHA MIKRO PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Warung Seblak Teh Siti Desa Langgongsari Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas)

Quroetu, Aini (2024) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING USAHA MIKRO PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Warung Seblak Teh Siti Desa Langgongsari Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Quroetu Aini_Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Warung Seblak Teh Siti Desa Langgongsari Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pemasaran menjadi hal penting yang dilakukan para pengusaha dalam usahanya untuk mempertahankan, mengembangkan, dan mendapatkan keuntungan dari usahanya. Dalam era globalisasi saat ini, usaha mikro menghadapi tantangan yang signifikan untuk tetap kompetitif dan berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pemasaran yang diterapkan Warung Seblak Teh Siti di Desa Langgongsari dalam upaya meningkatkan daya saing usaha perspektif ekonomi islam. Strategi pemasaran salah satunya yaitu bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, tempat, dan promosi. Sedangkan dalam pemasaran syariah dengan cara jujur dan adil. ​Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dan jenis penelitiannya adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan. Sedangkan uji keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber. ​Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pemasaran dalam meningkatkan daya saing usaha mikro perspektif ekonomi Islam pada Warung Seblak Teh Siti adalah dengan strategi bauran pemasaran (marketing mix) 4P, yaitu Produk (product) adalah dengan menawarkan produk berkualitas tinggi dari bahan halal. Harga (price) dengan memastikan konsumen mendapatkan nilai tanpa terbebani, dan mempertimbangkan persaingan lokal dan keuntungan usaha. Tempat (place) melalui media online seperti whatsapp untuk memudahkan akses dan meningkatkan kepuasan konsumen. Promosi (promotion) dengan mengandalkan promosi dari mulut ke mulut. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Daya Saing, Usaha Mikro, Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Daya Saing, Usaha Mikro, Ekonomi Islam
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Quroetu Aini sdri
Date Deposited: 18 Jul 2024 08:35
Last Modified: 18 Jul 2024 08:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26550

Actions (login required)

View Item View Item