PEMBERDAYAAN PENYANDANG DISABILITAS TUNANETRA OLEH PERSATUAN TUNANETRA INDONESIA (PERTUNI) DI KABUPATEN BANYUMAS

IRNA, FEBRIANA (2024) PEMBERDAYAAN PENYANDANG DISABILITAS TUNANETRA OLEH PERSATUAN TUNANETRA INDONESIA (PERTUNI) DI KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI IRNA FEBRIANA (PMI-FAKULTAS DAKWAH).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penyandang disabilitas tunanetra merupakan seseorang yang memiliki gangguan pada indera penglihatannya. Melalui PERTUNI Banyumas, penyandang disabilitas tunanetra bisa mengembangkan potensi dan kemampuannya dengan mengikuti kegiatan dan pelatihan yang diadakan di PERTUNI Banyumas. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program pemberdayaan penyandang disabilitas tunanetra melalui organisasi PERTUNI Banyumas dan apa saja faktor-faktor yang mendukung dan menghambat proses pemberdayaan tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara serta dokumentasi yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai permasalahan yang ada di penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa dalam proses pemberdayaan yang dilakukan oleh PERTUNI Banyumas melalui pelatihan sudah berjalan dengan sangat baik, yang meliputi tahap persiapan, pengkajian, perencanaan alternatif program atau kegiatan, formalisasi rencana aksi, implementasi program atau kegiatan, evaluasi dan terminasi. Adapun faktor pendukung dan penghambat proses pemberdayaan penyandang disabilitas tunanetra melalui PERTUNI Banyumas, diperoleh hasil bahwa faktor pendukung yaitu diantaranya adanya kerjasama yang baik, sumber daya manusia, adanya peran dan dukungan dari pemerintah daerah dan adanya regulasi. Adapun faktor penghambat pemberdayaan PERTUNI Banyumas yaitu anggaran atau pendanaan, tersedianya fasilitas dan sarana serta penyampaian informasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penyandang Disabilitas, Tunanetra, PERTUNI Banyumas, Tahap Pemberdayaan, Faktor Pendukung dan Penghambat
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi
Divisions: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: IRNA FEBRIANA Sdri
Date Deposited: 18 Jul 2024 08:15
Last Modified: 18 Jul 2024 08:15
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26549

Actions (login required)

View Item View Item