PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, KEPERCAYAAN, DAN KEAMANAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN QRIS SEBAGAI MEDIA PEMBAYARAN CASHLESS SOCIETY (Studi Kasus Pada Mahasiswa di Wilayah Purwokerto)

DINDA, PUTRI AISA (2024) PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, KEPERCAYAAN, DAN KEAMANAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN QRIS SEBAGAI MEDIA PEMBAYARAN CASHLESS SOCIETY (Studi Kasus Pada Mahasiswa di Wilayah Purwokerto). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
DINDA PUTRI AISA_PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, KEPERCAYAAN, DAN KEAMANAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN QRIS SEBAGAI MEDIA PEMBAYARAN CASHLESS SOCIETY.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Banyaknya perguruan tinggi di Purwokerto menciptakan populasi mahasiswa yang cukup besar dibandingkan dengan populasi mahasiswa di wilayah lain karesidenan Bayumas. Para mahasiswa tidak hanya berasal dari wilayah Kabupaten Banyumas dan sekitarnya, namun ada yang berasal dari luar Jawa Tengah, bahkan luar Pulau Jawa. Mahasiswa di Purwokerto menyukai hal-hal yang cepat dan instan seperti sering menggunakan transaksi pembayaran non tunai QRIS pada saat melakukan pembelian secara langsung. Mengingat QRIS di Indonesia merupakan sebuah produk inovasi pembayaran digital terbaru, maka membutuhkan pandangan masyarakat dan pelaku usaha sebagai pengguna mengenai faktor-faktor yang melatarbelakangi keputusan penggunaan QRIS dalam trasaksi jual beli. Terdapat perbedaan hasil diantara penelitian terdahulu mengenai faktor-faktor yang melatarbelakangi keputusan penggunaan QRIS di kalangan Mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu Mahasiswa aktif Purwokerto yang mengetahui QRIS dan pernah menggunakan QRIS. Jumlah sampel pada penelitian ini sebesar 123 mahasiswa dengan menggunakan teknik purposive sampling dari rumus lemeshow. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan, variabel literasi keuangan, persepsi kemudahan penggunaan, kepercayaan, dan keamanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan QRIS sebagai media pembayaran cashless society (studi kasus pada mahasiswa di wilayah Purwokerto). Peneliti menyarankan bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan uji satu arah agar dapat mengetahui arah hubungan dari variabel-variabel yang dapat menjadi faktor yang melatarbelakangi keputusan penggunaan QRIS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Literasi Keuangan, Perceived Ease Of Use, Trust, Keamanan, Keputusan Penggunaan, QRIS, Cahless Society, Mahasiswa
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Dinda Putri Aisa Sdri
Date Deposited: 18 Jul 2024 07:47
Last Modified: 18 Jul 2024 07:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26546

Actions (login required)

View Item View Item