PENGEMBANGAN EKONOMI MELALUI PROGRAM GERAKAN INFAQ NAHDLATUL ULAMA DALAM PENINGKATAN PENDAPATAN DAN USAHA MASYARAKAT(STUDI KASUS PENERIMA BANTUAN MODAL USAHA LAZISNU KABUPATEN TEGAL)

Putri, Kusuma Wali (2024) PENGEMBANGAN EKONOMI MELALUI PROGRAM GERAKAN INFAQ NAHDLATUL ULAMA DALAM PENINGKATAN PENDAPATAN DAN USAHA MASYARAKAT(STUDI KASUS PENERIMA BANTUAN MODAL USAHA LAZISNU KABUPATEN TEGAL). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
PUTRI KUSUMA WALI_PENGEMBANGAN EKONOMI MELALUI PROGRAM GERAKAN KOTAK INFAQ NAHDLATUL ULAMA DALAM PENINGKATAN PENDAPATAN DAN USAHA MASYARAKAT (STUDI KASUS PENERIMA BANTUAN MODAL USAHA LAZISNU KABUPATEN TEGAL).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pertumbuhan UMKM di Kabupaten Tegal memiliki potensi yang cukup besar, sebab kabupaten tegal memiliki jalurtransportasi strategis yang menjadi salah satu faktor pendukung untuk pertumbuhan UMKM. Selain itu, secara demografis, Kabupaten Tegal juga memiliki penduduk yang cukup produktif. Faktor utama dalam pengembangan usaha yaitu sebuah modal, maka hadirnya lembaga Lazinu Tegal memberikan salah satu solusi bagi mereka melalui pinjaman dana tanpa disertai dengan tambahan (qordul hasan). Program Gerakan kotak infak NU membantu pengumpulan dana sehingga lembaga ini mampu menerapkan pembiayaan dengan akad qordul hasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang dilakukan LAZISNU Kabupaten Tegal dalam peningkatan pendapatan usaha pada kabupaten tegal melalui Program Gerakan Kotak Infaq Nahdlatul Ulama. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptifkualitatif. Data penelitian dikumpulkan melalui metode obeservasi, wawancara dan dokumentasi. Data primer penelitian ini bersumber dari wawancara dengan pengurus lazisnu dan penerima bantuan modal usaha dari LAZISNU Kabupaten Tegal. Sedangakn Data skunder penelitian ini berasal dari buku, jurnal terkait, catatan tulisan, dokumentasi hasil survey. Teknik analisis data yang pada penelitian ini menggunakan metode yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi yang dilakukan LAZISNUKabupaten Tegal dalam membantu pengembangkan ekonomi masyarakat yaitu,dengan cara mengadakan pelatihan dan bimbingan, pinjaman modal usaha, turut serta dalam pembangunan infrastruktur ekonomi, adanya pendampingan. Sedangkan strategi yang digunakan oleh para penerima bantuan modal usaha dalam meningkatkan pendapatan dan usahanya yaitu melalui beberapa strategi pemasaran pada umumnya, seperti pemasaran produk, meningkatkan kualitas pelayanan dengan berbagai cara yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Ekonomi, Upaya peningkatkan pendapatan dan usaha masyarakat
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Putri Kusuma Wali sdri
Date Deposited: 18 Jul 2024 02:27
Last Modified: 19 Jul 2024 01:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26524

Actions (login required)

View Item View Item