Implementasi Toilet Training Dalam Menumbuhkan Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun di TK Aisyiyah Pasirlor Purwokerto

Mar Atus Solehah, Puteri (2024) Implementasi Toilet Training Dalam Menumbuhkan Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun di TK Aisyiyah Pasirlor Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Prof.K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Puteri Mar Atus Solehah_2017406086.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Membentuk anak yang berkarakter tentu harus ditanamkan sejak dini terutama karakter mandiri. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan dan menumbuhkan kemandirian yaitu dengan penerapan toilet training, ini menjadi salah satu proses latihan awal kemandirian dalam kehidupan anak. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan toilet training di TK Aisyiyah Pasir Lor sebagai upaya menumbuhkan karakter mandiri pada anak. Pada penelitian ini menggunakan deksriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu Kepala TK, Guru dan juga Wali murid. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi menunjukan, proses tahapan toilet training di TK Aisyiyah melalui 3 tahap yaitu Tahap Lisan (mengenalkan toilet dan memberikan materi toilet training), tahap penerapan langsung (guru mencontohkan dan memberikan materi langsung di Lokasi toilet) dan juga tahap pembiasaan. Upaya menumbuhkan karakter mandiri melalui penerapan toilet training dapat dilihat pada sikap anak setelah penerapan toilet training, beberapa sikap yang ditunjukan anak yaitu anak mampu melakukan kegiatan sekolah mandiri, anak anak berani izin saat akan ke kamar mandi dan anak anak mampu melakukan buang air mandiri tanpa bantuan orang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Toilet Training, Kemandirian, Anak Usia Dini.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Puteri Mar Atus Solehah
Date Deposited: 18 Jul 2024 02:29
Last Modified: 18 Jul 2024 02:29
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26523

Actions (login required)

View Item View Item