PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 PURWOKERTO

Dona Rakhma, Alicia (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN.Prof..K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Dona Rakhma Alicia_Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Purwokerto.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII SMP Negeri 3 Purwokerto. Kemampuan penalaran matematis merupakan kemampuan awal yang perlu dimiliki oleh siswa agar dapat memperkirakan jawaban dan proses menarik kesimpulan dari masalah matematika maupun permasalahan kehidupan sehari-hari. Salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi kemampuan penalaran matematis ialah penerapan model pembelajaran yang digunakan pada proses pembelajaran di sekolah. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan model pembelajaran Discovery Learning berbasis etnomatematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbasis etnomatematika terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII SMP Negeri 3 Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan desain penilitian pre-test dan post-test control group desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Purwokerto yang berjumlah 179 siswa terdiri dari lima kelas. Sampel yang diambil ialah kelas VII D berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A berjumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa soal tes untuk mengukur tingkat kemampuan penalaran matematis siswa. perolehan hasil uji rata-rata N-Gain kelas eksperimen termasuk dalam kategori cukup efektif dengan rata-rata sebesar 0,73, sedangkan pada kelas kontrol hasil rata-rata N-Gain masuk dalam kategori tidak efektif dengan perolehan sebesar 0,37. Dari hasil uji t kemampuan penalaran matematis dengan menggunakan uji independent sample t test menunjukkan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 dengan artian 0,000 < 0,05 maka, H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat dikatakan bahwa rata-rata N-Gain kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki perbedaan. Dari data nilai rata-rata N-Gain di atas, dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata N-Gain kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dan terlihat perbedaan yang signifikan. Sehingga dapat dinyatakan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbasis etnomatematika efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII SMP Negeri 3 Purwokerto. Kata kunci: Kemampuan Penalaran Matematis, Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Etnomatematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Penalaran Matematis, Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Etnomatematika.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Dona Rakhma Alicia sdri
Date Deposited: 18 Jul 2024 02:02
Last Modified: 18 Jul 2024 02:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26515

Actions (login required)

View Item View Item