ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PADA UMKM PENYANDANG DISABILITAS (STUDI KASUS PADA USAHA JASA JAHIT KHARISMA TAYLOR)

Dwi, Septianingsih (2024) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PADA UMKM PENYANDANG DISABILITAS (STUDI KASUS PADA USAHA JASA JAHIT KHARISMA TAYLOR). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Dwi Septianingsih_Analisis Strategi Pengembangan Usaha Pada UMKM Penyandang Disabilitas (Studi Kasus Pada Usaha Jasa Jahit Kharisma Taylor).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan pertumbuhan unit usaha mikro kecil dan menengah yang cukup tinggi, dengan perkembangan usaha menjadi usaha yang lebih besar yang disebut dengan pengembangan usaha. Dalam pengembangan usaha umumnya kinerja wirausaha memengaruhi pengembangan usaha dalam menjalankan operasional usaha. Pada faktanya dalam menjalankan usaha wirausaha memiliki berbagai kekurangan, hal tersebut dapat dilihat pada usaha mikro kecil dan menengah yang dijalankan oleh wirausaha yang memiliki keterbatasan atau disabilitas, seperti halnya pada usaha jasa Kharisma Taylor yang dijalankan oleh Ibu Sri dan Pak Karsim yang memiliki keterbatasan fisiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan usaha yang dilakukan pada usaha jasa Kharisma Taylor dan bagaimana peluang serta tantangan dalam pengembangan usaha. Berdasarkan tujuannya penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yang dilakukan secara mendalam dengan teknik pengumpulan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian diuji keabsahan datanya menggunakan teknik triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu serta dilakukan analisis data yang meliput tahap pengumpulan data, tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap verifikasi proses penarikan kesimpulan yang dilakukan oleh peneliti. Hasil penelitian menjelaskan bahwa : 1) Strategi yang digunakan dalam pengembangan usaha yang dilakukan usaha Kharisma Taylor ditengah keterbatasan fisik yang dimiliki menggunakan metode pendekatan pelatihan, strategi pengembangan produk, dan stategi pengembangan pasar guna memenuhi kepuasan pelanggan dan menambah skala pemasaran. 2) Peluang dan tantangan dalam melakukan pengembangan usaha diantaranya dipengaruhi faktor internal dan faktor eksternal usaha Kharisma Taylor, peluang dalam pengembangan usaha diantaranya meliputi penggunaan promosi, motivasi dan dorongan keluarga, inovasi produk, serta akses penambahan modal, sedangkan tantangan yang dihadapi yaitu banyaknya pesaing, manajemen operasional kerja, dan pengembangan skill secara terus-menerus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan Usaha, Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Penyandang Disabilitas.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 331 Labor economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Dwi Septianingsih
Date Deposited: 18 Jul 2024 02:11
Last Modified: 18 Jul 2024 02:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26512

Actions (login required)

View Item View Item