PENGARUH SELF SERVICE TECHNOLOGY DAN TRUST TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA PENGGUNA BSI MOBILE DI PURWOKERTO DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Siti, Nurhalimah (2024) PENGARUH SELF SERVICE TECHNOLOGY DAN TRUST TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA PENGGUNA BSI MOBILE DI PURWOKERTO DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SITI NURHALIMAH_PENGARUH SELF SERVICE TECHNOLOGY DAN TRUST TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA PENGGUNA BSI MOBILE DI PURWOKERTO DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Perkembangan teknologi yang semakin maju, memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan transaksi perbankan dengan melalui pelayanan secara mandiri melalui mobile banking. Hal ini dilihat adanya fitur-fitur layanan Bank Syariah berupa BSI Mobile yang unggul, yang sekaligus dapat bermanfaat, memudahkan, dan memiliki keamanan yang tinggi. Selaras dengan hal tersebut, maka terdapat kenaikan volume transaksi pada BSI Mobile bahwa lebih banyak pengguna BSI Mobile di banding mobile banking dari Bank Syariah lainnya. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor self service technology dan trust terhadap loyalitas nasabah pada pengguna BSI Mobile di Purwokerto dengan kepuasan sebagai variabel moderasi. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal. Adapun teknik pengumpulan data primer yang digunakan observasi dan kuesioner dengan populasi yang digunakan adalah nasabah pengguna BSI Mobile di Purwokerto. Teknik pengambilan sampel adalah teknik sampling insidental dengan sampel sebanyak 385 responden. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode Structural Equation Model Partial Least Square (SEM-PLS) dengan pengujian hipotesisnya menggunakan bantuan software SmartPLS versi 4.1.0.6. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa self service technology dan trust memiliki pengaruh secara signifikan terhadap loyalitas nasabah pada pengguna BSI Mobile, begitu juga pada variabel kepuasan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah pada pengguna BSI Mobile. Sementara itu variabel kepuasan dapat memoderasi pengaruh self service technology terhadap loyalitas nasabah pada pengguna BSI Mobile, namun kepuasan nasabah tidak memoderasi dengan memperlemah pengaruh trust terhadap loyalitas nasabah pada pengguna BSI Mobile. Kata Kunci: Self Service Technology, Trust, Kepuasan, Loyalitas Nasabah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Self Service Technology, Trust, Kepuasan, Loyalitas Nasabah.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 606 Organizations
600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Siti Nurhalimah Sdri
Date Deposited: 18 Jul 2024 01:17
Last Modified: 18 Jul 2024 01:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26486

Actions (login required)

View Item View Item