ANALISIS IMPLEMENTASI SPIRITUAL COMPANY TERHADAP KINERJA KARYAWAN PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (Studi Pada Kantor SL Corporation Purwokerto)

Hanindyarini, Swadasi (2024) ANALISIS IMPLEMENTASI SPIRITUAL COMPANY TERHADAP KINERJA KARYAWAN PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (Studi Pada Kantor SL Corporation Purwokerto). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
HANINDYARINI SWADASI_ANALISIS IMPLEMENTASI SPIRITUAL COMPANY TERHADAP KINERJA KARYAWAN PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH (STUDI PADA KANTOR SL CORPORATION PURWOKERTO) .pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perusahaan yang menganut budaya perusahaan yaitu spiritual company, perusahaan ini bernama SL Corporation. Adanya spiritual company memberikan sebuah perusahaan atau organisasi dengan seluruh stakeholder dalam praktik kerjanya memiliki prinsip nilai-nilai luhur spiritualitas, pada diri setiap karyawan dengan semangat beribadah berlandaskan Al-Qur’an dan Sunnah dalam menjalankan seluruh aktivitas perusahaan dan pengembangan kegiatan untuk menambah wawasan ilmu agama dan keimanan. Dalam hal ini, kinerja karyawan dikatakan meningkat jika perusahaan memiliki beberapa indikator seperti yang terkait dengan spiritualitas, hasil kerja, cara bersikap, kedisiplinan dan attitude. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data primer penelitian ini bersumber dari wawancara dengan pemilik dan karyawan kantor SL Corporation. Data sekunter penelitian berasal dari buku, jurnal terkait, catatan tulisan, dokumentasi hasil survei, wawancara dan observasi secara langsung pada kantor SL Corporation. Kemudian teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan metode Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, redaksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya implementasi spiritual company yang diterapkan dengan baik. Program yang dilaksanakan oleh Kantor SL Corporation antara lain adalah briefing setiap pagi, pengajian bagi karyawan yang dibimbing oleh ustadz atau ustazah, sholat berjamaah, sholat dhuha berjamaah, pengajaran Al-Qur’an, Hafalan surat dan sedekah. Pengimplementasian spiritual company pada dasarnya sudah terencana dengan baik. Dalam program kegiatan tersebut dilaksanakan di lingkup SL Corporation dan seluruh outlet yang dibawahi. Dengan menerapkan spiritual company maka akan tercipta budaya perusahaan dan budaya islami yang meliputi budaya berakidah, budaya beribadah dan budaya akhlak yang baik. Dengan adanya kegiatan spiritual company maka kinerja karyawan meningkat karena merasa nyaman dan aman dalam bekerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Spiritual Company, Implementasi, Kinerja Karyawan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.3 Manajemen Personalia
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Hanindyari Swadasi Sdri
Date Deposited: 18 Jul 2024 01:58
Last Modified: 18 Jul 2024 01:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26485

Actions (login required)

View Item View Item