PENGARUH INKLUSI KEUANGAN SYARIAH TERHADAP PEMBIAYAAN UMKM DAN DAMPAKNYA PADA PERTUMBUHAN EKONOMI (STUDI KASUS DI PROVINSI JAWA TENGAH PERIODE 2016-2023)

Anisa, Laili Siyamah (2024) PENGARUH INKLUSI KEUANGAN SYARIAH TERHADAP PEMBIAYAAN UMKM DAN DAMPAKNYA PADA PERTUMBUHAN EKONOMI (STUDI KASUS DI PROVINSI JAWA TENGAH PERIODE 2016-2023). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Anisa Laili Siyamah_Pengaruh Inklusi Keuangan Syariah terhadap Pembiayaan UMKM dan Dampaknya pada Pertumbuhan Ekonomi (Studi Kasus di Provinsi Jawa Tengah Periode 2016-2023).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perkembangan sektor perbankan syariah yang semakin tumbuh, seharusnya sejalan lurus dengan kemudahan akses pada lembaga keuangan formal. Permodalan yang masih sulit diakses hingga merambah UMKM, tidak sejalan dengan konsep inklusi keuangan sedang digalakkan oleh pemerintah melalui OJK dan Bank Indonesia. Inklusi keuangan menarik untuk diangkat karena dapat memberi jawaban pada masalah yang pelaku usaha alami melalui pemahaman akses keuangan pada masyarakat menengah kebawah dan daerah-daerah. Lembaga keuangan dengan perbankan syariah yang menjadi perpanjangan tangannya berupaya sebagai intermediary institution yang memiliki harapan supaya segala lapisan masyarakat terkhusus pada pelaku UMKM bisa mengakses keuangan dengan baik sebagai bentuk penerapan keuangan inklusif, dengan hal ini harapannya dapat terwujud pemerataan pada sektor ekonomi hingga pertumbuhan ekonomi yang terus meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh inklusi keuangan syariah terhadap pembiayaan UMKM dan dampaknya pada pertumbuhan ekonomi di Provinsi Jawa Tengah dengan periode waktu tahun 2016-2023. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sebanyak 32 sampel yang diperoleh dari laporan Badan Pusat Statistik dan Otoritas Jasa Keuangan untuk Provinsi Jawa Tengah kuartal I 2016 sampai dengan kuartal IV 2023. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dengan data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari website resmi BPS dan OJK. Analisis data yang digunakan adalah analisis jalur dengan menggunakan alat analisis SmartPLS versi 4.1.0.3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inklusi keuangan syariah berpengaruh terhadap pembiayaan UMKM dan pertumbuhan ekonomi di Provinsi Jawa Tengah. Pembiayaan UMKM berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi di Provinsi Jawa Tengah. Inklusi keuangan syariah melalui pembiayaan UMKM berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi di Provinsi Jawa Tengah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Inklusi Keuangan Syariah, Pembiayaan, UMKM, Pertumbuhan Ekonomi
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Anisa Laili Siyamah
Date Deposited: 18 Jul 2024 02:02
Last Modified: 18 Jul 2024 02:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26481

Actions (login required)

View Item View Item