Analisis Mekanisme Permodalan Nasional Madani Unit Layanan Modal Mikro (PNM ULaMM) Syariah Purwokerto Perspektif Maslahah Mursalah

Vera, Aprilia (2024) Analisis Mekanisme Permodalan Nasional Madani Unit Layanan Modal Mikro (PNM ULaMM) Syariah Purwokerto Perspektif Maslahah Mursalah. Masters thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Tesis Vera Repository.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PNM ULaMM Syariah Purwokerto menyediakan pinjaman dan dukungan bagi UMKM, termasuk pelatihan dan konsultasi. Nasabah diarahkan untuk memilih produk Modal Mikro Murabahah (MM Murabahah) dimana terdapat prinsip kebebasan dalam berakad.. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kesesuaian mekanisme pembiayaan dalam akad murabahah dengan Fatwa No. 04/DSN-MUI/IV/2000, serta pengarahan nasabah terhadap pemilihan produk pembiayaan yang bertentangan dengan prinsip kebebasan berakad dalam Islam serta perspektif maslahah mursalahnya. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif deskriptif dengan pendekatan yuridis empiris, berfokus pada mekanisme pembiayaan di PNM ULaMM Syariah Purwokerto. Metode pengumpulan data melibatkan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data primer diperoleh langsung dari wawancara staf di lokasi penelitian, sedangkan data sekunder berasal dari sumber relevan seperti buku dan jurnal. Analisis data berdasarkan hasil dari wawancara dengan staff ULaMM Syariah Purwokerto yang kemudian diatur urutan data, mengorganisasikannya ke dalam satu pola, kategori dan satuan uraian dasar. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa pengarahan pemilihan produk oleh petugas terkait pada nasabah tidak sesuai dengan prinsip kebebasan berakad dalam Islam. Adapun penerapan akad murabahah pada produk pembiayaan Modal Mikro Murabahah (MM Murabahah) telah sesuai dengan Fatwa No. 04/DSN-MUI/IV/2000. Adapun akad lain yang menyertainya yaitu akad wadi’ah dan wakalah. Pengarahan pemilihan produk pada nasabah meskipun tidak sesuai dengan prinsip kebebasan berakad dalam Islam namun sesuai dengan konsep maslahah mursalah yaitu pada tingkatan maslahah hajiyat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan Mikro, Murabahah, Maslahah Mursalah
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.24 Persekutuan (Syirkah, Qirad, Mudhorobah, Murabahah, Musaqoh, Muzaroah)
Divisions: Pascasarjana > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Vera Aprilia sdri
Date Deposited: 18 Jul 2024 01:23
Last Modified: 18 Jul 2024 01:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26478

Actions (login required)

View Item View Item