PENGARUH PERCEIVED EASE OF USE, PERCEIVED USEFULNESS, SOCIAL INFLUENCE, DAN FACILITATING CONDITIONS TERHADAP BEHAVIORAL INTENTION GENERASI Z PADA PENGGUNAAN FINTECH SHOPEE PAYLATER DI PURWOKERTO BARAT

Diva, Fauzi (2024) PENGARUH PERCEIVED EASE OF USE, PERCEIVED USEFULNESS, SOCIAL INFLUENCE, DAN FACILITATING CONDITIONS TERHADAP BEHAVIORAL INTENTION GENERASI Z PADA PENGGUNAAN FINTECH SHOPEE PAYLATER DI PURWOKERTO BARAT. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Diva Amalia Fauzi_Pengaruh Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, Social Influence, dan Facilitating conditions Terhadap Behavioral Intention Generasi Z pada Penggunaan Fintech Shopee Paylater.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah membawa dampak signifikan dalam transformasi ekonomi dan perilaku konsumen Indonesia, terutama di kalangan Generasi Z yang tumbuh dalam era digital. Salah satu inovasi terbaru dalam bidang fintech adalah fitur paylater yang ditawarkan oleh platform e-commerce Shopee, yang memungkinkan konsumen untuk membeli barang dengan membayar nanti atau dengan mencicil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perceived ease of use, perceived usefulness, social influence, dan facilitating conditions terhadap behavioral intention Generasi Z pada penggunaan fintech Shopee paylater di Purwokerto Barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Generasi Z di Purwokerto Barat, dengan sampel yang digunakan sebanyak 100 responden yang diperoleh melalui teknik pengambilan sampel purposive sampling. Data penelitian ini merupakan data primer yang dikumpulkan menggunakan metode kuesioner melalui Google Form. Analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan alat bantu aplikasi IBM SPSS 23. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif dari variabel perceived ease of use (X1) dan variabel perceived usefulness (X2) terhadap behavioral intention (Y), sedangkan variabel social influence (X3) dan variabel facilitating conditions (X4) menunjukkan adanya pengaruh negatif terhadap behavioral intention (Y). Dan secara bersamaan variabel perceived ease of use, perceived usefulness, social influence dan facilitating condition berpengaruh positif dan signifikan terhadap behavioral intention (Y), hal ini dikarenakan kemudahan penggunaan dan kegunaan yang dirasakan dari layanan Shopee paylater ini meningkatkan kenyamanan dan motivasi Generasi Z. Selain itu, dukungan dari teman dan keluarga serta ketersediaan sumber daya dan dukungan yang memadai semakin memperkuat Generasi Z dalam mengadopsi Shopee paylater.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, Social Influence, dan Facilitating Concitions.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Diva Amalia Fauzi sdri
Date Deposited: 18 Jul 2024 01:54
Last Modified: 18 Jul 2024 01:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26473

Actions (login required)

View Item View Item