ANALISIS STRATEGI DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN PERSPEKTIF MARKETING SYARIAH (STUDI KASUS USAHA KERUPUK RAMBAK SALEH NUR BUMIAYU)

KHUSNUL, KHOTIMAH (2024) ANALISIS STRATEGI DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN PERSPEKTIF MARKETING SYARIAH (STUDI KASUS USAHA KERUPUK RAMBAK SALEH NUR BUMIAYU). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Khusnul Khotimah_ANALISIS STRATEGI DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN PERSPEKTIF MARKETING SYARIAH (Usaha Kerupuk Rambak Saleh Nur Bumiayu).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Strategi digital marketing merupakan upaya pemasaran yang menggunakan perangkat elektronik atau internet, dengan berbagai taktik dan media digital yang memungkinkan perusahaan berkomunikasi dengan calon konsumen yang menghabiskan waktunya secara online. Salah satu usaha bisnis kuliner yang menggunakan strategi digital marketing adalah usaha Kerupuk Rambak Saleh Nur Bumiayu. Permasalahan terjadi ketika omset penjualan mulai menurun dan pembelian produk Kerupuk rambak Saleh Nur semakin sepi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi digital marketing dalam meningkatkan omset penjualan yang tentunya harus sesuai dengan kaidah-kaidah marketing syariah yang berlaku. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian dan kemudian penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan strategi digital marketing yang diterapkan oleh usaha Kerupuk Rambak Saleh Nur menggunakan empat unsur atau 4p dalam pemasaran (product, price, place, promotion). Product (produk) berupa produk kerupuk rambak yang dijual secara online melalui whatsapp dan instagram. Price (harga) berupa transaksi online melalui transfer bank. place (tempat) berupa channel distribusi seperti media sosial. Promotion (promosi) berupa iklan di media sosial postingan di aplikasi whatsapp dan instagram. Strategi digital marketing yang dijalankan pun sudah sesuai dengan konsep marketing syariah yang sangat konsisten dengan nilai-nilai Islam, seperti nilai kejujuran dan keadilan serta selalu memberikan inovasi dan kreativitas dalam promosinya sesuai dengan 4 sifat rasulullah yaitu shiddiq, amanah, tabligh dan fathanah. Kata kunci: Strategi, Digital Marketing, Omset Penjualan, Marketing Syariah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Digital Marketing, Omset Penjualan, Marketing Syariah
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Khusnul Khotimah Sdri
Date Deposited: 18 Jul 2024 02:04
Last Modified: 18 Jul 2024 02:04
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26466

Actions (login required)

View Item View Item