ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM ANIMASI “LORONG WAKTU SI AA” SEBAGAI PENDUKUNG PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) BAGI SISWA SD/MI

Hasirin, Hasirin (2024) ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM ANIMASI “LORONG WAKTU SI AA” SEBAGAI PENDUKUNG PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) BAGI SISWA SD/MI. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FILM ANIMASI “LORONG WAKTU SI AA” SEBAGAI PENDUKUNG PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5)-1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter hakikatnya memiliki esensi untuk menjadikan bangsa yang tangguh, kompetitif, memiliki akhlak mulia, bermoral, toleran, bergotong royong, berjiwa patriotik, berkembang secara dinamis, memiliki tujuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang secara keseluruhan didasari dengan jiwa yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME berlandaskan pancasila. Penguatan pendidikan karakter pada kurikulum merdeka dilakukan melalaui program proyek penguatan profil pelajar pancasila. Pelajar Pancasila merupakan perwujudan dari pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang berkompetensi global serta berperilaku sesuai dengan nilai Pancasila. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pendidikan karakter yang terdapat dalam film animasi Lorong Waktu si Aa dan bagaimana relevansinya dengan nilai projek penguatan profil pelajar pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan karakter yang terdapat dalam film animasi Lorong Waktu si Aa serta untuk mengetahui relevansi pendidikan karakter dalam film animasi Lorong Waktu si Aa dengan nilai projek penguatan profil pelajar pancasila. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Dengan sumber data primer film animasi Lorong waktu Si Aa sedangkan sumber sekunder menggunakan buku, jurnal, skripsi, dan artikel yang berkaitan dengan judul. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data dengan metode analisis isi (content analysis). Dalam film animasi lorong waktu si Aa yang peneliti teliti antara nilai pendidikan karakter dan nilai Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sangat berkaitan erat dalam setiap episodenya. Hampir seluruh nilai pendidikan karakter serta nilai Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) terkandung di dalamnya. Adapun nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam film animasi Lorong Waktu Si Aa antara lain toleransi, kerja keras, mandiri, demokratis, semangat kebangsaan. Nilai pendidikan karakter memiliki relevansi yang sangat erat dengan nilai-nilai projek penguatan pelajar pancasila, semua nilai-nilai pendidikan karakter yang ada terdapat di dalam nilai projek penguatan pelajar pancasila. Penanaman nilai pendidikan karakter kepada peserta didik akan lebih mudah melalui program projek penguatan pelajar pancasila mengingat lebih simpel dan mudah dipahami dalam penerapanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Profil Pelajar Pancasila, Lorong Waktu Si Aa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hasirin Hasirin Sdr
Date Deposited: 18 Jul 2024 01:38
Last Modified: 18 Jul 2024 01:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26433

Actions (login required)

View Item View Item