ANALISIS USAHA KOMERCE DALAM MENINGKATKAN PEMBERDAYAAN EKONOMI GENERASI MUDA DESA TAMANSARI, KECAMATAN KARANGMONCOL, KABUPATEN PURBALINGGA

Lutfi, Setianingrum (2024) ANALISIS USAHA KOMERCE DALAM MENINGKATKAN PEMBERDAYAAN EKONOMI GENERASI MUDA DESA TAMANSARI, KECAMATAN KARANGMONCOL, KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
LUTFI SETIANINGRUM_ANALISIS USAHA KOMERCE DALAM MENINGKATKAN PEMBERDAYAAN EKONOMI GENERASI MUDA DESA TAMANSARI, KECAMATAN KARANGMONCOL, KABUPATEN PURBALINGGA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Komerce merupakan startup berbasis teknologi yang hadir untuk mendukung kemajuan bisnis online dan UMKM di Indonesia. Perusahaan sekarang banyak membutuhkan sumber daya manusia yang mempunyai kompetensi/skill dibidang teknologi. Masalah-masalah ekonomi seperti pengangguran, banyaknya generasi muda desa yang urbanisasi, kurangnya kompetensi/skill warga desa khususnya generasi muda, minimnya lapangan pekerjaan di desa, dan sedikitnya pengusaha muda desa, sehingga diperlukan program pemberdayaan ekonomi generasi muda. Komerce hadir dengan memiliki fokus dalam memberdayakan masyarakat khususnya generasi muda dengan memberikan pendidikan dan pelatihan dalam bidang (Information and technology/IT) untuk menyediakan talent-talent yang berkompeten. Dengan adanya pemberdayaan yang dilakukan Komerce dapat berdampak positif kepada generasi muda setempat dalam meningkatkan kesejahteraan hidup. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis konsep dan model layanan usaha Komerce dalam ranah bisnis digital dan menganalisis usaha Komerce dalam meningkatkan pemberdayaan ekonomi genersi muda desa. Dengan mengunakan metode penelitian kualitatif jenis studi kasus (case study). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep dan model layanan Komerce dalam ranah digital dengan melakukan konsep pemberdayaan dan model layanan customer service, advertiser, admin marketplace dan livesteramer dapat meningkatkan layanan lebih kreatif dan inovatif untuk dapat memenuhi kebutuhan pasar. Kemudian Komerce dalam meningkatkan pemberdayaan ekonomi generasi muda desa melalui pendidikan dan pelatihan digital marketing sangat berpengaruh dalam menanggulangi pengangguran, urbanisasi, dan peningkatan kualitas hidup generasi muda desa. Dalam proses manajemen Komerce juga menerapkan sistem manajemen syariah berupa perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan dalam perspektif islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, Ekonomi, dan Generasi Muda
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Lutfi Setianingrum sdri
Date Deposited: 18 Jul 2024 01:38
Last Modified: 18 Jul 2024 01:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26419

Actions (login required)

View Item View Item