PENGARUH FINTECH E-WALLET DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto)

Muhammad Zidan, Al Farisyi (2024) PENGARUH FINTECH E-WALLET DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
MUHAMMAD ZIDAN AL FARISYI_PENGARUH FINTECH E-WALLET DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Seiring berkembangnya teknologi yang mengalami kemajuan dan memberikan dampak terhadap mahasiswa. Perilaku konsumtif memberikan kecenderungan pada manusia untuk mengonsumsi yang berlebihan, dimana manusia lebih memprioritaskan keinginan daripada yang dibutuhkan. Perilaku konsumtif telah timbul dalam lingkungan mahasiswa karena dorongan perkembangan elektronik, komunikasi, dan keuangan. Konsumsi dapat dilakukan karena beberapa alasan, misalnya mengikuti tren mode, mencoba barang baru, dan supaya mendapatkan pengakuan sosial. Munculnya keuangan digital memberikan suatu kemudahan dan kenyamanan bagi penggunanya, sehingga sistem pembayaran jual beli online menjadi lebih cepat dan mudah. Setiap orang dapat memanfaatkan produk keuangan secara maksimal dan mengambil keputusan yang tepat terkait keuangan pribadinya. Tujuan dalam penelitian untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel independen dan secara bersama-sama terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto. Penelitian ini menggunakan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa aktif Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto Tahun Akademik 2023/2024 dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yang merupakan jenis dari non probability sampling, diperoleh sejumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji t dan uji f hitung, serta analisis koefisien determinasi. Hasil pada penelitian menunjukkan bahwa: (1) variabel fintech e-wallet tidak berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa; (2) variabel literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Variabel fintech e-wallet dan literasi keuangan berpengaruh secara bersama-sama terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Fintech E-Wallet, Literasi Keuangan, Perilaku Konsumtif
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
600 Technology (Applied sciences) > 670 Manufacturing > 676 Pulp and paper technology
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Zidan Al Farisyi Sdr
Date Deposited: 17 Jul 2024 06:51
Last Modified: 17 Jul 2024 06:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26416

Actions (login required)

View Item View Item