Nanda, Agesti (2024) STRATEGI PEMBELAJARAN CARD SORT BERBANTUAN PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERHITUNG SISWA KELAS II MI MUHAMMADIYAH BADAKARYA BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
|
Text
Nanda Agesti_Strategi Pembelajaran Card Sort Berbantuan Permainan Tradisional Congklak dalam Mengembangkan Kemampuan Berhitung Siswa Kelas II MI Muhammadiyah Badakarya Banjarnegara.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Strategi pembelajaran merupakan cara atau usaha yang dipergunakan oleh guru untuk membantu siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Pada pembelajaran matematika khususnya dalam materi berhitung seringkali guru masih menerapkan strategi yang cenderung membosankan. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi pembelajaran yang dapat menarik siswa dalam belajar di kelas. Berdasarkan hal tersebut guru kelas II MI Muhammadiyah Badakarya melakukan inovasi dengan menerapkan strategi pembelajaran card sort untuk mengembangkan kemampuan berhitung siswa dengan menjadikan permainan tradisional congklak sebagai media pendukung. Maka tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran card sort berbantuan permainan tradisional congklak dalam mengembangkan kemampuan berhitung siswa kelas II MI Muhammadiyah Badakarya Banjarnegara. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian yaitu kepala madrasah, guru, dan siswa kelas II. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pembelajaran card sort dalam mengembangkan kemampuan berhitung siswa kelas II MI Muhammadiyah Badakarya melalui tiga tahapan yaitu perencanaan berupa penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran di kelas dengan kegiatan siswa menyortir kartu berbantuan permainan tradisional congklak, dan evaluasi pembelajaran berupa tes dan non tes. Strategi pembelajaran card sort berbantuan permainan tradisional congklak pada akhirnya dapat meningkatkan antusias dan keaktifan siswa, menumbuhkan motivasi, menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membosankan serta membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan berhitungnya dengan baik. Keterbatasan yang terdapat di dalam penelitian ini ialah peneliti tidak melakukan kegiatan observasi pada tahapan perencanaan pembelajaran, sehingga memungkinkan data yang diperoleh peneliti pada tahapan perencanaan pembelajaran menjadi kurang valid.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berhitung, permainan tradisional congklak, strategi pembelajaran card sort |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | NANDA AGESTI |
Date Deposited: | 17 Jul 2024 07:24 |
Last Modified: | 19 Jul 2024 07:07 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26413 |
Actions (login required)
View Item |