EFEKTIVITAS AGEN BRILINK TERHADAP PROGRAM BRANCHLESS BANKING PADA MASYARAKAT DI KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA

RASYID SURYO, BRILIAN ERING (2024) EFEKTIVITAS AGEN BRILINK TERHADAP PROGRAM BRANCHLESS BANKING PADA MASYARAKAT DI KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN PROF. K.H. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
RASYID SURYO BRILIAN E.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Bank dalam hal ini hadir sebagai lembaga intermediasi yang dalam kegiatan operasionalnya melakukan penghimpunan dana dari masyarakat dalam bentuk tabungan kemudian menyalurkannya kembali kepada masyarakat dalam bentuk pendanaan. Dalam melaksanakan Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI), pada tahun 2014 pemerintah beserta Bank Indonesia meluncurkan program Branchless Banking (BB) yang merupakan layanan perbankan yang disediakan oleh penyedia jasa keuangan kepada pelanggan tanpa harus mendatangi bank (menggunakan pihak ketiga atau agen). Bank BRI turut berpartisipasi dalam program pemerintah yaitu Branchless Banking (BB) atau bank tanpa kantor yaitu dengan nama BRILink. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas agen BRILink terhadap program Branchless Banking pada masyarakat di Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif mengumpulkan data dengan metode field research (penelitian lapangan) melalui wawancara langsung dengan agen BRILink, Petugas Agen BRILink (PAB) dan masyarakat pengguna agen BRILink di wilayah Kecamatan Bukateja. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas agen BRILink terhadap program Branchless Banking pada masyarakat di Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga telah berjalan efektif sesuai dengan indikator yang sudah tercapai yaitu pencapaian tujuan program dan kegiatan yang telah ditetapkan sebelumnya serta pemanfaatan hasil program atau tujuan perusahaan secara keseluruhan. Indikator tersebut dilihat dari kemudahan masyarakat dalam melakukan transaksi perbankan melalui agen BRILink dan kesuksesan agen BRILink memberikan manfaat kepada semua pihak yang terlibat yaitu, Bank, agen BRILink dan masyarakat. Kata Kunci : Efektivitas, Agen BRILink, Branchless Banking.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Agen BRILink, Branchless Banking.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank (Termasuk Kartu kredit, Tabungan, Deposito dll)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Rasyid Suryo Brilian Ering sdr
Date Deposited: 17 Jul 2024 07:32
Last Modified: 17 Jul 2024 07:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26411

Actions (login required)

View Item View Item