PRAKTIK PEMBIAYAAN MUḌĀRABAH DI BPRS BUMI ARTHA SAMPANG PERSPEKTIF FATWA DSN-MUI NOMOR 07/DSN- MUI/IV/2000 TENTANG PEMBIAYAAN MUḌĀRABAH (QIRAḌ)

Inayah, Kholifatul Khasanah (2024) PRAKTIK PEMBIAYAAN MUḌĀRABAH DI BPRS BUMI ARTHA SAMPANG PERSPEKTIF FATWA DSN-MUI NOMOR 07/DSN- MUI/IV/2000 TENTANG PEMBIAYAAN MUḌĀRABAH (QIRAḌ). Masters thesis, UIN Prof. Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
TESIS - INAYAH - IMPLEMENTASI PEMBIAYAAN MUḌARABAH DI BPRS BUMI ARTHA SAMPANG PERSPEKTIF FATWA DSN.pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini mengungkapkan permasalahan praktik pembiayaan muḍārabah di BPRS Bumi Artha Sampang, yang mengalami penurunan signifikan selama tiga tahun terakhir yakni pada tahun 2020-2022 namun mengalami peningkatan pada tahun 2023. Penurunan ini sebagian disebabkan oleh ketidaksesuaian dengan prinsip 5C, khususnya dalam seleksi karakter muḍarib yang kurang hati-hati dalam memilih mitra bisnis. Beberapa muḍarib tidak memenuhi prinsip kepercayaan dan amanah, dengan beberapa di antaranya menggunakan usaha yang bukan milik mereka sendiri dan tidak terbukanya sistem bagi hasil yang seimbang sehingga berdampak pada tidak terpenuhinya prinsip Condition of economy (prospek usaha) dan asas keadilan dalam muḍārabah tidak terpenuhi. Dari permasalahan tersebut menjadikan jumlah muḍarib di BPRS Bumi Artha Sampang diturunkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis-sosiologis dengan metode penelitian lapangan (field research) dan teknik purposive sampling terhadap karyawan BPRS Bumi Artha Sampang. Data primer diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis praktik pembiayaan muḍārabah di BPRS Bumi Artha Sampang secara keseluruhan hampir sesuai dengan Fatwa DSN-MUI Nomor 07/DSN-MUI/IV/2000 tentang Pembiayaan Muḍārabah (Qiraḍ) terutama dalam aspek ketentuan pembiayaan, rukun, syarat, dan ketentuan hukum pembiayaan, namun terdapat ketidaksesuaian dalam unsur yang bersifat kepercayaan serta amanah dalam memilih mitra bisnis. Kata Kunci: Pembiayaan Muḍārabah, BPRS Bumi Artha Sampang

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan Muḍārabah, BPRS Bumi Artha Sampang
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank (BMT)
Divisions: Pascasarjana > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Inayah Kholifatul Khasanah sdri
Date Deposited: 17 Jul 2024 04:33
Last Modified: 17 Jul 2024 04:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26406

Actions (login required)

View Item View Item