IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM KURIKULUM MERDEKA DI TK ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA

Srikandi Triwahyu, Laras (2029) IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM KURIKULUM MERDEKA DI TK ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIP SRIKANDI-1.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Abstrak penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka di TK Istiqomah Sambas Purbalingga. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpuklan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mendapatkan gambaran menyeluruh mengenai pelaksanaan projek ini di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila di TK Istiqomah Sambas Purbalingga telah dilakukan dengan baik dan sistematis yang dilakukan dengan mendeskripsikan empat kegiatan manajerial dalam pelaksanaannya. Guru dan tenaga pendidik telah memahami konsep dasar dari profil pelajar Pancasila yang meliputi enam dimensi: beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkebhinekaan global, mandiri, bernalar kritis, bergotong-royong, dan kreatif. Setiap dimensi diintegrasikan kedalam kegiatan pembelajaran melalui projek-projek tematik yang relevan dengan dunia anak-anak. Selain itu ditemukan bahwa dukungan dari kepala sekolah dan partisipasi aktif dari orangtua siswa sangat berpengaruh dalam suksesnya implementasi ini. Secara keseluruhan, impelementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila di TK Istiqomah Sambas Purbalingga memberikan dampak positif terhadap perkembangan karakter dan keterampilan sosial anak-anak. Banyaknya tugasguru mnejadi hambatan dalam pelaksanaan kegiatan sepeti persiapan alat dan bahan untuk pembelajaran secara mendadak, namun hal tersebut dapat diantisipasi dan tidak menjadi permasalahan yang besar. Temuan ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi sekolah-sekolah lain dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka yang menekankan pada penguatan profil pelajar Pancasila.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Profil Pelajar Pancasila, Kurikulum Merdeka, Pendidikan Anak Usia Dini, Implementasi Projek, TK Istiqomah Sambas.
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Srikandi Triwahyu Laras sdri
Date Deposited: 17 Jul 2024 07:00
Last Modified: 17 Jul 2024 07:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26404

Actions (login required)

View Item View Item