BIMBIMGAN BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN DIRI PENTINGNYA SEKOLAH DAN PONDOK PADA SISWA MA AR RIDLO PEKUNCEN

Farach, Diba (2024) BIMBIMGAN BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN DIRI PENTINGNYA SEKOLAH DAN PONDOK PADA SISWA MA AR RIDLO PEKUNCEN. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
skripsi fiks REPO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana bimbingan belajar dalam meningkatkan kesadaran diri siswa terhadap pentingnya sekolah dan pondok pada siswa Madrasah Aliyah Al Ridlo Pekuncen. Metode yang digunakan secara kualitatif ini melibatkan wawancara mendalam dengan guru BK, Kepala Madrasah Aliyah, Kesiswaan dan 5 siswa terpilih. Hasil temuan ini menunjukkan bahwasanya bimbingan belajar secara signifikan berkontribusi dalam meningkatkan kesadaran diri siswa terhadap pentingnya pendidikan formal dan pondok. Siswa yang aktif mengikuti program bimbingan belajar menunjukkan peningkatan motivasi belajar serta pemahaman tentang nilai-nilai pendidikan formal dan agama. Faktor yang mendukung efektivitas bimbingan belajar meliputi gaya belajar yang bervariasi, memahami kebutuhan individual siswa, dan dukungan eksternal baik guru, teman sebaya dan keluarga. Implikasi ini dapat memberikan wawasan dan praktis untuk mengintegrasikan bimbingan belajar sebagai bagian dari strategi pendidikan untuk meningkatkan kesadaran diri siswa terhadap nilai-nilai pendidikan formal dan keagamaan. Dengan demikian, temuan ini memberikan kontribusi penting terhadap pemahaman mengenai bagaimana bimbingan belajar dalam meningkatkan kesadaran diri siswa terhadap pentingnya sekolah dan pondok dan mendorong penelitian lanjutan untuk penelitian selanjutnya. Kata kunci: bimbingan belajar, kesadaran diri, sekolah dan pondok

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bimbingan belajar
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Farach Diba Sdri
Date Deposited: 17 Jul 2024 02:52
Last Modified: 17 Jul 2024 02:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26390

Actions (login required)

View Item View Item