PESAN MORAL TENTANG PERILAKU REMAJA DALAM ANIMASI KAITIKTOK (STUDI ANALISIS ISI PADA AKUN TIKTOK @BAGUSSUHAR)

Aldy, Yulianto (2024) PESAN MORAL TENTANG PERILAKU REMAJA DALAM ANIMASI KAITIKTOK (STUDI ANALISIS ISI PADA AKUN TIKTOK @BAGUSSUHAR). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ALDY YULIANTO_PESAN MORAL TENTANG PERILAKU REMAJA DALAM ANIMASI KAITIKTOK (STUDI ANALISIS ISI PADA AKUN TIKTOK @bagussuhar).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pesan moral merupakan suatu informasi berupa amanat yang ingin disampaikan oleh pengarang tentang baik buruknya tingkah laku seseorang dengan tujuan memberikan pengaruh untuk mematuhi suatu hal sesuai norma dan peraturan yang berlaku. Dengan perkembangan zaman yang semakin maju, penyampaian pesan-pesan moral dapat dilakukan melalui berbagai media salah satunya adalah video animasi. Animasi KaiTikTok pada akun TikTok @bagussuhar menjadi salah satu video animasi yang kontennya memuat pesan-pesan moral terhadap fenomena kontemporer yang terjadi di tengah masyarakat khususnya tentang anak muda dan remaja yang kemudian direpresentasikan melalui karakter kartun sederhana dengan karakter central seorang Kakek tua. Pesan moral dalam animasi tersebut diceritakan dengan penggunaan bahasa sehari-hari yang disertai humor dan satir. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis isi pesan moral remaja pada tayangan animasi dan mengetahui kecenderungan jenis pesan moral yang disampaikan pada animasi KaiTikTok melalui akun TikTok @bagussuhar. Dalam penelitian ini akan menganalisis 10 video animasi KaiTikTok yang tayang pada tahun 2022 berdasarkan klasifikasi yang telah ditentukan. Penelititian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Peneliti menggunakan metode content analysis (analisis isi) dan teori menurut Klauss Krippendorf. Data diperoleh dari melakukan observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan langkah-langkah yang terdiri dari unitisasi, sampling, pencatatan, reduksi data, penarikan inferensi, dan analisis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam akun TikTok @bagussuhar, terdapat pesan moral tentang perilaku remaja yang terdiri dari tiga jenis kategori pesan moral, yaitu: 1) pesan moral dalam hubungan manusia dengan Tuhan berupa taat kepada perintah tuhan dan menjalankan Ibadah yang berjumlah dua video. 2) pesan moral dalam hubungan manusia dengan manusia lain berupa, kepedulian, kekeluargaan, kasih sayang, berjumlah tiga video. 3) pesan moral dalam hubungan manusia dengan diri sendiri mendominasi jenis pesan moral yang muncul pada animasi KaiTikTok, berupa sabar, harga diri, kecewa, kesepian, menuntut ilmu, bekerja keras, keraguan dengan jumlah 5 video.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pesan Moral, Remaja, Animasi KaiTikTok, Content Analysis
Subjects: 000 Generalities > 020 Library and information sciences > 028 Reading, use of other information media
000 Generalities > 070 News media, journalism, publishing
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.13 Interaksi Sosial
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services > 362.7 Problem and Service to Young People (Anak dan Remaja)
600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Aldy Yulianto
Date Deposited: 17 Jul 2024 02:13
Last Modified: 17 Jul 2024 02:13
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26388

Actions (login required)

View Item View Item