PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP PURCHASE INTENTION DENGAN PERAN MEDIASI KETERLIBATAN KONSUMEN MELALUI MEDIA SOSIAL (STUDI PADA PRODUK KECANTIKAN WARDAH DI PURWOKERTO)

Aprilia Mugi, Rahayu (2024) PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP PURCHASE INTENTION DENGAN PERAN MEDIASI KETERLIBATAN KONSUMEN MELALUI MEDIA SOSIAL (STUDI PADA PRODUK KECANTIKAN WARDAH DI PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Aprilia Mugi Rahayu_Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Purchase Intention dengan Peran Mediasi Keterlibatan Konsumen Melalui Media Sosial (Studi Pada Produk Kecantikan Wardah di Purwokerto).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Purchase Intention dengan peran mediasi Keterlibatan Konsumen melalui media sosial pada produk kecantikan Wardah. CSR telah menjadi strategi penting bagi perusahaan untuk membangun citra positif dan meningkatkan minat beli konsumen. Di era digital, media sosial menjadi sarana efektif bagi perusahaan untuk mengomunikasikan program CSR mereka dan melibatkan konsumen. CSR, Purchase Intention, dan Keterlibatan Konsumen membentuk suatu siklus yang saling menguatkan. CSR yang efektif dapat meningkatkan niat pembelian, yang kemudian mendorong konsumen untuk lebih terlibat dengan merek. Keterlibatan ini dapat meningkatkan apresiasi konsumen terhadap insiatif CSR perusahaan, yang kembali berdampak positif pada niat pembelian. Dalam perspektif Islam, aktivitas bisnis tidak hanya dipandang sebagai upaya mencari keuntungan semata, tetapi juga sebagai bentuk ibadan dan pemenuhan tanggung jawab sosial susai dengan firman Allah SWT dalam Q.S Al-Qasas ayat 77. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasinya adalah konsumen yang berdomisili di Purwokerto, pernah menggunakan produk kecantikan Wardah, dan mengetahui program sosial Wardah. Teknik pengambilan sample menggunakan Sample Purposive dengan 100 responden. Alat analisis penelitian ini menggunakan SmartPLS dengan metode SEM-PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa philanthropic responsibility dan environmental responsibility tidak berpengaruh terhadap purchase intention, namun ethical responsibility dan economic responsibility berpengaruh terhadap purchase intention. Kemudian pengujian selanjutnya menghasilkan keterlibatan konsumen dapat memediasi secara parsial antara economic responsibility dan ethical responsibility namun tidak dengan philanthropic responsibility dan environmental responsibility.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: CSR, Purchase Intention, Keterlibatan Konsumen
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aprilia Mugi Rahayu sdri
Date Deposited: 17 Jul 2024 02:43
Last Modified: 17 Jul 2024 02:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26385

Actions (login required)

View Item View Item