PENGALAMAN RELIGIUS JAMA’AH PUSAT STUDI DAKWAH KOMUNITAS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO (PSDK UMP) (Studi Fenomenologi Kampung Sri Rahayu Purwokerto)

SUSI, yani (2024) PENGALAMAN RELIGIUS JAMA’AH PUSAT STUDI DAKWAH KOMUNITAS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO (PSDK UMP) (Studi Fenomenologi Kampung Sri Rahayu Purwokerto). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SUSI INDRIYANI 2017101228,acc.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas pengalaman religius dari jama’ah PSDK UMP. Subyek penelitian jama’ah PSDK UMP jumlah 11 partisipan. Tugas mereka yaitu 1 partisipan sebagai pimpinan dan 10 sebagai peserta. Metode pengumpulan data menggunakan metode kualitatif pendekatan fenomenologis. Untuk menganalisis (eksplikasi) data dalam penelitian ini menggunakan model yang dikembangkan tentang Fenomena Individual (DFI) pendekatan fenomenologis. Hasil penelitin ini menunjukan bahwa sebagian jama’ah sebelum mengenal PSDK UMP merasakan naik turunya iman yang menjadikannya kurang konsisten dalam beribadah dikarenakan fokus pada pekerjaan, rasa malas, sulit meluangkan waktu dan lain sebagainya. Namun, terdapat pula jama’ah yang senantiasa taat dengan kepercayaannya walaupun dalam kondisi yang kurang mendukung untuk beribadah, yaitu mereka yang telah terdidik agama dengan baik sedari kecil sehingga ketika dewasa mampu menuntun dirinya dalam menjalankan kewajiban sebagai hamba yang taat. Bahkan ada pula jama’ah yang mengalami perpindahan agama sampai akhirnya bertemu dengan agama islam. Jama’ah yang istikomah mengikuti binaan dan kajian dari PSDK UMP menghasilkan pengalaman religius seperti merasakan kedekatan dengan Alloh, mampu komitmen terhadap keyakinan yang dianut (islam), memahami diri sendiri, mengalami kesadaran bahwa dirinya semata-mata hanyalah makhluk Alloh yang lemah semua atas kuasa-Nya. Kata kunci: komunitas, jama’ah, religius

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: komunitas, jama’ah, religius
Subjects: 200 Religion > 240 Christian moral and devotional theology > 241 Moral theology
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: SUSI INDRIYANI Sdri
Date Deposited: 17 Jul 2024 02:38
Last Modified: 17 Jul 2024 02:38
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26383

Actions (login required)

View Item View Item