PENGARUH SOFT SKILL DAN SELF EFFICACY TERHADAP KESIAPAN KERJA DI LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH DENGAN MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Mahasiswa Perbankan Syariah Angkatan 2020 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto)

Kholidatun, Fikria (2024) PENGARUH SOFT SKILL DAN SELF EFFICACY TERHADAP KESIAPAN KERJA DI LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH DENGAN MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Mahasiswa Perbankan Syariah Angkatan 2020 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
KHOLIDATUN FIKRIA_PENGARUH SOFT SKILL DAN SELF EFFICACY TERHADAP KESIAPAN KERJA DI LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH DENGAN MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL MODERASI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tingkat pengangguran terbuka berdasarkan tingkat pendidikan di Indonesia cenderung meningkat hampir setiap tahunnya. Jumlah lulusan sarjana yang mengalami pengangguran disebabkan oleh kekurangan dalam keahlian kompetensi serta kurangnya persiapan dalam keterampilan yang dibutuhkan untuk memasuki dunia kerja. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kesiapan mahasiswa untuk memasuki dunia kerja baik itu faktor internal maupun eksternal, termasuk motivasi kerja, self efficacy, dan soft skills. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh soft skill dan self efficacy terhadap kesiapan kerja di Lembaga keuangan syariah dengan motivasi kerja sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan metode penganmbilan sampel nonprobability sampling dengan teknik penarikan sampel penelitian menggunakan purposive sampling. Populasi dari penelitian ini yaitu mahasiswa S1 Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN. Prof. K.H. Saifuddin Purwokerto Angkatan 2020 dengan total sampel yang diperoleh sebanyak 165 responden. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan Structural Equation Model-Partial Least Square (SEM-PLS) memakai software SmartPLS versi 3. Hasil penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa Soft Skill dan Self Efficacy berpengaruh signifikan terhadap kesiapan kerja di Lembaga keuangan syariah. Sementara itu untuk efek moderasi berdasarkan hasil pengujian diketahui bahwa motivasi kerja mampu memoderasi pengaruh soft skill dan self efficacy terhadap kesiapan kerja di Lembaga keuangan syariah. Diharapkan untuk penelitian selanjutnya tidak hanya menggunakan variabel soft skill, self efficacy dan motivasi tetapi, menambahkan variabel lain seperti contohnya hard skill.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Soft Skill, Self Efficacy, Motivasi Kerja, Kesiapan Kerja
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Kholidatun Fikria Sdri
Date Deposited: 17 Jul 2024 02:26
Last Modified: 17 Jul 2024 02:26
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26374

Actions (login required)

View Item View Item