PERAN PT PERMODALAN NASIONAL MADANI MEKAAR SYARIAH DALAM PEMBERDAYAAN DAN KESEJAHTERAAN PEREMPUAN (STUDI KASUS NASABAH PEREMPUAN DI DESA KARANGRAU, KECAMATAN BANYUMAS, KABUPATEN BANYUMAS)

Desi, Saputri (2024) PERAN PT PERMODALAN NASIONAL MADANI MEKAAR SYARIAH DALAM PEMBERDAYAAN DAN KESEJAHTERAAN PEREMPUAN (STUDI KASUS NASABAH PEREMPUAN DI DESA KARANGRAU, KECAMATAN BANYUMAS, KABUPATEN BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Desi Saputri_Peran PT Permodalan Nasional Madani Mekaar Syariah Dalam Pemberdayaan dan Kesejahteraan Perempuan.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Keterbatasan modal menjadi salah satu alasan masyarakat tidak berani membuka sebuah usaha, karena bagi seorang wirausaha modal merupakan salah satu syarat untuk menjalankan atau membangun sebuah usaha. Modal ada dua wujud, pertama yaitu modal berupa uang dan barang, Kedua yaitu modal berupa intelektual pengetahuan, kemampuan, keterampilan, dan komitmen. Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui peran program PNM Mekaar terhadap pemberdayaan perempuan di Desa Karangrau, Mengetahui pengaruh program PNM Mekaar terhadap kesejahteraan perempuan di Desa Karangrau. Penelitian ini merupakan jenis kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data yang didapatkan secara primer dan sekunder, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Diperoleh suatu hasil penelitian menunjukkan bahwa PNM Mekaar Syariah berperan dalam indikator pembedayaan dan kesejahteraan dibuktikan dengan memberikan pinjaman modal usaha bagi para perempuan prasejahtera untuk digunakan secara efektif, baik untuk memulai dan mengembangkan usaha sesuai dengan apa yang dinginkan. Dengan memberikan pelatihan maupun pengawasan kepada para nasabah, sehingga para perempuan prasejahtera mendapat ilmu untuk mengembangkan usahanya lewat perluasan skala usaha, menambah jenis barang atau jasa yang dihasilkan sehingga mencapai kesejahteraan keluarga. Sedangkan dalam pemanfaatan modal, para perempuan prasejahtera atau nasabah setelah mendapatkan pinjaman modal dari PNM Mekaar Syariah dipergunakan untuk membangun usaha serta memberdayakan perekonomian keluarga dengan cara menciptakan suasana yang memungkinkan potensi keluarga berkembang, memperkuat potensi ekonomi atau daya yang dimiliki keluarga, menciptakan keseimbangan serta kebersamaan dalam keluarga agar tercapainya kesejahteraan keluarga bagi nasabah. Kata Kunci: Peran, Pemberdayaan, Kesejahteraan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran, Pemberdayaan, Kesejahteraan
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Desi Saputri sdri
Date Deposited: 17 Jul 2024 01:36
Last Modified: 17 Jul 2024 01:36
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26369

Actions (login required)

View Item View Item