PERAN HOME INDUSTRY DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (Studi Kasus Pada Home Industry Pa-Qsan Carica dan Dodol di Desa Kepakisan Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara)

TITIN, ADILIA (2024) PERAN HOME INDUSTRY DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (Studi Kasus Pada Home Industry Pa-Qsan Carica dan Dodol di Desa Kepakisan Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
TITIN ADILIA_ PERAN HOME INDUSTRY DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (Studi Kasus Pada Home Industry Pa-Qsan Carica dan Dodol di Desa Kepakisan, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kehidupan yang didambakan oleh setiap manusia adalah kesejahteraan, baik masyarakat yang tinggal di perkotaan atau pesedaan semua mendambakan kehidupan yang sejahtera. Salah satu langkah yang dapat diambil untuk meningkatkan kesejahteraan yaitu melalui pengembangan home industry. Home industry memegang peranan penting dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan keluarga khususnya di pedesaan seperti home industry Pa-Qsan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah home industry pa-qsan mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif melalui pendekatan studi kasus. Penelitian di lakukan di Desa Kepakisan, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Sumber data yang digunakan yaitu data sekunder dan data primer. Teknis pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini mengambil 4 informan dari anggota home industry Pa-Qsan. Teknis analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan dan untuk teknis keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keberadaan home industry Pa-Qsan memberikan peran dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga para anggotanya. Dibuktikan dengan data peningkatan pendapatan setelah bergabung dengan home industry dari para anggota. Selain itu sebagai peluang kesempatan pekerjaan untuk masyarakat di Desa Kepakisan, dari yang sebelumnya tidak memiliki pekerjaan kini mendapatkan penghasilan yang tetap setiap bulanya. Dengan penghasilan yang didapatkan para anggota home industry Pa-Qsan mampu meningkatkan beberapa kriteria indikator keluarga sejahtera menurut BKKBN ke 3 anggota yang sebelunya berada di tingkat keluarga sejahtera I (KS I) naik menjadi keluarga sejahtera II (KS II) dan 1 anggota yang sebelumnya keluarga sejahtera II (KS II) naik menjadi keluarga sejahtera III Plus (KS III Plus).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran, Home Industry, Kesejahteraan Keluarga
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: TITIN ADILIA Sdri
Date Deposited: 17 Jul 2024 01:53
Last Modified: 17 Jul 2024 01:53
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26363

Actions (login required)

View Item View Item