PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK MELALUI METODE READ ALOUD DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL DI TK DIPONEGORO 02 KARANGJAMBU KECAMATAN PURWOKERTO UTARA

Lutfiah, Kinanti (2024) PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK MELALUI METODE READ ALOUD DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL DI TK DIPONEGORO 02 KARANGJAMBU KECAMATAN PURWOKERTO UTARA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
FIX CETAK JILID SKRIPSI KINAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pengembangan kemampuan bahasa adalah upaya guru dalam rangka pencapaian tujuan pendidikan AUD dalam mengembangkan aspek bahasa yang menggunakan metode dan media pembelajaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui bagaimana guru dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak melalui metode read aloud dengan media audio visual di TK Diponegoro 02 Karangjambu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menujukkan bahwa pengembangan kemampuan bahasa melalui metode read aloud dengan media audio visual dapat meningkatkan perbendaharaan kosakata pada anak. Pengembangan kemampuan bahasa melalui metode read aloud dengan media audio visual tersebut telah diterapkan dengan baik di sekolah ini. Aspek perkembangan bahasa anak mencakup enam aspek yaitu: kosa kata, sintaksis (tata bahasa), semantik, fonem (satuan bunyi terkecil), fonologi, dan morfologi. Keenam aspek perkembangan bahasa ini memerlukan peran guru yang aktif untuk diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran, sehingga dapat membantu mengembangkan kemampuan berbahasa pada anak. Kata kunci: Bahasa, read aloud, anak usia dini

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bahasa, read Aloud, anak Usia Dini
Subjects: 400 Language > 407 Education, research, related topics
400 Language > 408 With respect to kinds of persons
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LUTFIAH RAHMA KINANTI sdri
Date Deposited: 17 Jul 2024 02:23
Last Modified: 17 Jul 2024 02:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26360

Actions (login required)

View Item View Item