METODE AN-NAHDLIYAH DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR'AN UNTUK ANAK USIA MADRASAH IBTIDAIYAH DI TPQ AL AMIN PABUWARAN

Ahmad, Mubarok (2024) METODE AN-NAHDLIYAH DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR'AN UNTUK ANAK USIA MADRASAH IBTIDAIYAH DI TPQ AL AMIN PABUWARAN. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img] Text
AHMAD RIFKI MUBAROK_METODE AN-NAHDLIYAH DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR'AN UNTUK ANAK USIA MADRASAH IBTIDAIYAH DI TPQ AL AMIN PABUWARAN

Download (3MB)

Abstract

Abstrak : Al-Qur'an adalah firman Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril. Bagi siapa pun yang membacanya, itu dianggap sebagai bentuk ibadah. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan pentingnya pendidikan Al-Qur'an dalam pelaksanaannya. Al-Qur'an memiliki ajaran yang dapat membantu memperbaiki penurunan akhlak yang terjadi saat ini. Selain sebagai kitab suci, Al-Qur'an juga berfungsi sebagai pedoman hidup dan dapat menjadi obat bagi segala penyakit. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif, dimana penelitian kualitatif adalah suatu jenis penelitian yang bertujuan memahami fenomena yang ada dan terjadi pada subjek penelitian. Dari hasil pengamatan yang telah dilakukan dalam pembelajaran membaca Al-Qur'an menggunakan metode An-Nahdliyah, juga terdapat beberapa tantangan yang menghadang. Pertama, dari segi pengampu, terdapat variasi tingkat kognitif di antara para santri, yang menyebabkan perbedaan dalam kemampuan mereka untuk menerapkan metode An-Nahdliyah saat membaca Al-Qur'an. Beberapa santri mungkin mengalami kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan metode ini dan menjadi tertinggal dibandingkan dengan teman-teman mereka.Selain itu, terdapat faktor-faktor pendukung dalam pembelajaran membaca Al-Qur'an, seperti rasa ingin tahu dan kemampuan dalam mengikuti metode An-Nahdliyah. Namun ada juga faktor-faktor yang menghambat pembelajaran, di antaranya adalah banyaknya santri yang membolos tidak ikut pengajian TPQ sehingga menghambat pemahaman mereka mengenai metode An-Nahdliyah. Kata Kunci : Metode An-Nahdliyah, Pembelajaran Al-Qur’an, Penerapan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode An-Nahdliyah, pembelajaran Al-Qur'an, penerapan
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ahmad mubarok sdr
Date Deposited: 16 Jul 2024 08:32
Last Modified: 16 Jul 2024 08:32
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26341

Actions (login required)

View Item View Item