Imamatussholihah Karahayon, 1323301191 (2017) PENANAMAN NILAI-NILAI TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA DI SMA YOS SUDARSO SOKARAJA. Skripsi thesis, IAIN.
|
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (387kB) | Preview |
|
Text
IMAMATUSSHOLIHAH KARAHAYON_PENANAMAN NILAI-NILAI TOLERANSI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Toleransiadalahsuatusikapdariseseoranguntukmemberikankebebasan orang lain untukberpendapatdanmemberikankebebasankepada orang lain untukmenjalankankeyakinannyamasing-masing. Toleransi yang dimaksuddalampenelitianiniadalahlebihmenekankanpadatoleransidalamaspekberagama yang mengandungsikaptoleransiantarumatberagamadalammenerima, menghargai, menghormatiperbedaan-perbedaandariaspekmemelukkeyakinanantarumatberagama. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuibagaimanayaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif kondisikeberagamansiswa di SMA Yos Sudarso Sokaraja dalammenyikapiperbedaan agama yang adasertamengetahuiupaya yang dilakukanolehkepalasekolahdan guru terutama guru pendidikan agama dalam menanamkan nilai-nilai toleransi antar umat bergama di SMA Yos Sudarso Sokaraja Kabupaten Banyumas. Jenispenelitianiniadalahpenelitianlapanganyaitupengumpulan data yang dilakukansecaralangsung di lokasipenelitian.Penelitianinitermasukpenelitiandeskriptifkualitatif.Objekdaripenelitianiniadalahkeberagamansiswadalammenyikapiperbedaan agama serta proses penanaman nilai-nilai toleransiantarumatberagamaolehkepalasekolahdan guru di SMA Yos Sudarso Sokaraja. Sedangkan yang menjadisubjeknyaadalahkepalasekolah, guru pendidikan agama dansiswa.Untukmemperoleh data dalampenelitian, penulismenggunakanmetodeobservasi, wawancaradandokumentasi.Dalammenganalisis data yang diperolehdarihasilpenelitian, penulismenggunakanteknikanalisis data yang terdiridaritigaalurkegiatanyaitu: reduksi data, penyajian data danpenarikankesimpulan. Siswa di SMA Yos Sudarso Sokaraja berasaldarilatarbelakang agama yang berbeda, tetapidalambergaulmerekatetapmenjunjungtingginilai-nilai toleransiberagama. Hal inidapatdilihatdaribeberapaprinsiptoleransi yang merekalaksanakan.Penanaman nilai-nilai toleransiantarumatberagama yang dilakukanolehkepalasekolahdan guru di SMA Yos Sudarso Sokaraja dilakukan di dalamkelasdan di luarkelasdengan 1) Memberi kesempatan kepada semua siswa untuk mengikuti pembelajaran agama sesuai pemahaman agamanya masing-masing 2) Menciptakan iklim toleran pada setiap pembelajaran (belajar dalam perbedaan, membangun rasa saling percaya, memelihara sikap saling pengertian, menjunjung tinggi sikap salaing mengasihi. Melalui kegiatan doa sebelum dan sesudah pembelajaran, memberi nasihat, integrasi dalam pembelajaran agama, kegiatan keteladanan, kegiatan pembiasaan, kegiatan rutinitas meliputi: upacara bendera, BK(bersih kelas), doa bersama sebelum Ujian Nasional, kegiatan spontanitas dan kegiatan pengkondisian.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penanaman Nilai Toleransi |
Subjects: | 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.28 Islam and other believes 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ulfah rulli hastuti |
Date Deposited: | 21 Aug 2017 02:50 |
Last Modified: | 21 Aug 2017 02:50 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2634 |
Actions (login required)
View Item |