PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KARIR BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP PENINGKATAN KEMATANGAN KARIR SISWA SMA IT AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH PURWOKERTO

Shaula Astika, Putri (2024) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KARIR BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP PENINGKATAN KEMATANGAN KARIR SISWA SMA IT AL IRSYAD AL ISLAMIYYAH PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Shaula Astika Putri_Pengaruh Layanan Bimbingan Karir Berbasis Teknologi Informasi Terhadap Peningkatan .pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kematangan karir sangat dibutuhkan seiring dengan berkembangnya teknologi terlebih saat ini telah memasuki era society 5.0. Maka dari itu perlunya kesiapan guru bimbingan dan konseling dalam menguasai berbagai tantangan teknologi untuk mempersiapkan perencanaan karir dan kesiapan karir siswa, salah satunya dengan melibatkan penggunaan teknologi dan informasi dalam pelaksanaan layanan bimbingan karir. Mengingat urgensi tingkat kematangan karir siswa untuk masa depannya, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terkait hal tersebut di SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto. Metode penelitian yang digunakan yakni dengan metode penelitian kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian asosiatif. Sampel penelitian ini adalah sebagian siswa kelas XII SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto dengan jumlah 71 orang. Data diambil melalui kuesioner dan dianalisis dengan analisis deskriptif untuk mengetahui gambaran data dan mendapatkan hasil hipotesis data. Sebelum dilakukan uji hipotesis data sudah terdistribusi normal Hasil penelitian menunjukkan dari pengujian hipotesis menggunakan uji T bahwa hasil Thitung sebesar 2,850 dan Ttabel sebesar 1,994. Sehingga nilai Thitung > Ttabel dan nilai sig < 0,05 yakni 0,006. Dari hasil uji T tersebut, dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Maka terdapat pengaruh antara layanan bimbingan karir berbasis teknologi informasi terhadap kematangan karir siswa. Indikator yang berpengaruh pada siswa yakni pada indikator minat berkarir, sehingga layanan bimbingan karir berbasis teknologi dapat meningkatkan minat karir siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Bimbingan Karir, Teknologi Informasi, Kematangan Karir
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Shaula Astika Putri
Date Deposited: 16 Jul 2024 07:06
Last Modified: 17 Jul 2024 04:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26329

Actions (login required)

View Item View Item