PENERAPAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PELAKU USAHA (Studi Kasus Pada UMKM Gula Merah Desa Dermasari, Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara)

Nurlaili, Fajarmiati (2024) PENERAPAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PELAKU USAHA (Studi Kasus Pada UMKM Gula Merah Desa Dermasari, Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NURLAILI FAJARMIATI_ PENERAPAN BUSINESS MODEL CANVAS DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PELAKU USAHA Studi Kasus Pada UMKM Gula Merah Desa Dermasari.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Industri Gula Merah merupakan salah satu perwujudan dari pengolahan hasil produksi di sektor pertanian. Salah satu sentra produksi Gula Aren Indonesia adalah di Kabupaten Banjarnegara, Tepatnya Di Desa Dermasari Kecamatan Susukan. Pada penelitian ini peneliti melakukan pendekatan dengan pemetaan Bussiness Model Canvas (BMC), karena Business Model Canvas (BMC) dapat menjadi tool yang sederhana guna menghasilkan alternatif strategi suatu usaha yang berujung pada kelayakan kualitas layanan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif melalui pendekatan studi kasus. Penelitian dilakukan di Desa Dermasari, Kecamatan Susukan,Kabupaten Banjarnegara. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yaitu data dari informan. Data sekunder merupakan jenis data yang dikumpulkan dari data yang telah ada sebelumnya. Teknik pengumpulan data yang diperlukan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya, untuk teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan melalui penerapkan Business Model Canvas ditemukan bahwa pada pelaku usaha UMKM Gula Merah di Desa Dermasari perlu memperbaiki elemen Channel (saluran) untuk bermitra dengan layanan penjualan online atau sebagainya sehingga dapat menjangkau berbagai konsumen. Dalam Key Partnership belum ada kemitraan dengan pemerintah setempat. Revenue Stream yang diperoleh UMKM Gula Merah di Desa Dermasari berasal dari hasil penjualan produk gula merah dengan biaya variabel dan biaya tetap sebagai Cost Structure dari pelaksanaan usaha. Selanjutnya adalah menganalisis informasi terkait faktor yang dapat menghambat peningkatan pendapatan pelaku usaha salah satunya belum memenuhi permintaan konsumen dengan tepat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapkan Business Model Canvas, UMKM, Pendapatan, Faktor Internal Dan Eksternal
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: NURLAILI FAJARMIATI Sdri
Date Deposited: 16 Jul 2024 07:31
Last Modified: 16 Jul 2024 07:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26327

Actions (login required)

View Item View Item