IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN DI SD NEGERI JATIBOGOR 01 TEGAL

Ratna, Yulianti (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN DI SD NEGERI JATIBOGOR 01 TEGAL. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Ratna Yulianti-Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pengembangan Mutu Pendidikan di SD Negeri Jatibogor 01 Tegal.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Mutu pendidikan menjadi sebuah standar untuk melakukan suatu perubahan yang perlu dilakukan oleh lembaga pendidikan kedepannya. Salah satu upaya dalam pengembangan mutu tidak akan lepas dari kurikulum, karena kurikulum merupakan jantung pendidikan. Adanya kurikulum baru yaitu kurikulum merdeka belajar menjadikan langkah baru SD Negeri Jatibogor 01 Tegal dalam proses pengembangan mutu pendidikan yang terus ditingkatkan sampai sekarang. Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana implementasi kurikulum merdeka belajar dalam pengembangan mutu pendidikan di SD Negeri Jatibogor 01 Tegal. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memperoleh informasi bagaimana implementasi kurikulum merdeka belajar dalam pengembangan mutu pendidikan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan sifat penelitian kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah implementasi kurikulum merdeka belajar dalam pengembangan mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi kurikulum merdeka belajar dalam pengembangan mutu pendidikan di SD Negeri Jatibogor 0 Tegal sudah baik dan sesuai harapan, dengan menggunakan tiga tahap yaitu pertama, Kebijakan perencanaan kurikulum merdeka belajar dalam pengembangan mutu pendidikan menggunakan manajemen POAC dan Metode Analisis SWOT dengan fokus utama program, proyek, kegiatan, dan pemanfataan. Kedua, Strategi penerapan kurikulum merdeka belajar dalam pengembangan mutu pendidikan menggunakan teori juran yaitu input, proses, dan output. Ketiga, implikasi penerapan kurikulum merdeka belajar dalam pengembangan mutu pendidikan terdiri dari implikasi internal berupa program sari salim, ngobrol sekam, aksi nyata guru, sertifikat pelatihan mandiri guru, dan lembar supervisi sekolah. Sedangkan implikasi eksternal sekolah berkolaborasi dengan orang tua siswa. Kata kunci: implementasi kurikulum, kurikulum merdeka belajar, mutu pendidikan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: implementasi kurikulum, kurikulum merdeka belajar, mutu pendidikan
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3202 Administrasi dan Manajemen
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3209 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ratna Yulianti
Date Deposited: 16 Jul 2024 06:35
Last Modified: 16 Jul 2024 06:35
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26310

Actions (login required)

View Item View Item