PELAKSANAAN PEMENUHAN KEWAJIBAN SUAMI TERHADAP ISTRI PERSPEKTIF KOMPILASI HUKUM ISLAM (Studi Kasus Suami sebagai Tenaga Kerja Indonesia di Desa Banjaranyar Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas)

Anindya Ulil, Fatwati (2024) PELAKSANAAN PEMENUHAN KEWAJIBAN SUAMI TERHADAP ISTRI PERSPEKTIF KOMPILASI HUKUM ISLAM (Studi Kasus Suami sebagai Tenaga Kerja Indonesia di Desa Banjaranyar Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Anindya Ulil Fatwati_PELAKSANAAN PEMENUHAN KEWAJIBAN SUAMI TERHADAP ISTRI PERSPEKTIF KOMPILASI HUKUM ISLAM (Studi Kasus Suami sebagai Tenaga Kerja Indonesia di Desa Banjaranyar Kecamatan Pekuncen.pdf

Download (987kB) | Preview

Abstract

Desa Banjaranyar Kecamatan Pekuncen Kabupaten Banyumas tergolong banyak memiliki kepala keluarga yang berprofesi sebagai TKI. Tanggungjawab suami istri pada keluarga tersebut terbagi secara adil. Suami fokus mencari nafkah dan istri fokus dalam mengurus anak, serta mengelola keuangan untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga. Kehidupan keluarga TKI pastinya mendapati sebuah tantangan serta kendala. Berbagai macam upaya dilakukan untuk menjaga keluarga agar tetap harmonis, meskipun tantangan yang dialami sangat berat yakni pengendalian hawa nafsu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan ialah field research (penelitian lapangan) dengan metode yang digunakan yaitu normatif sosiologis. Sumber data primer dalam penelitian ini yakni keluarga dengan kepala keluarga atau suami berprofesi sebagai TKI, sedangkan sumber data sekunder yakni penulis mencantumkan teori dari jurnal, buku, skripsi, ataupun web resmi. Metode analisis yang digunakan oleh penulis adalah menggunakan metode analisis hukum dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa suami yang berprofesi sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI) tetap mampu memenuhi kewajibannya dengan baik meskipun terhalang oleh jarak. Pelaksanaan pemenuhan kewajiban suami terhadap istri yang dijalankan sebagian besar telah sesuai dengan KHI. Terdapat satu poin yang masih belum terpenuhi yaitu mengenai pemenuhan tempat tinggal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hak Dan Kewajiban Suami Istri, TKI, Long Distance Marriage (LDM
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.3 Munakahat > 2x4.36 Hak dan Kewajiban Suami-Istri (Nafaqoh)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Anindya Ulil Fatwati sdri
Date Deposited: 16 Jul 2024 04:17
Last Modified: 16 Jul 2024 06:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26300

Actions (login required)

View Item View Item