PERAN DAN EFEKTIVITAS BADAN USAHA MILIK DESA DALAM PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (Studi Kasus BUMDES UJUB Desa Srowot, Kecamatan Kalibagor, Kabupaten Banyumas)

Mohamad, Kholidin (2024) PERAN DAN EFEKTIVITAS BADAN USAHA MILIK DESA DALAM PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (Studi Kasus BUMDES UJUB Desa Srowot, Kecamatan Kalibagor, Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Mohamad Kholidin_PERAN DAN EFEKTIVITAS BADAN USAHA MILIK DESA DALAM PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (Studi Kasus BUMDes UJUB Desa Srowot, Kecamatan Kalibagor, Kabupaten Banyumas) .pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Deklarasi Undang-Undang No. 32 tahun 2004, tentang pemerintahan. Pemerintah didorong untuk menerapkan prinsip-prinsip yang mengatur pemerintah daerah sendiri dalam sistem terdstribusi, suatu wilayah memperoleh otoritas atas suatu proses. Pemerintah mengharapkan standar kehidupan perekonomian masyarakat desa agar dapat mengalami perubahan dan peningkatan menuju desa yang berkembang dan mandiri. Desa dapat menciptakan usaha-usaha ekonomi yang dapat bermanfaat bagi perekonomian dan juga bisa meningkatkan kualitas masyarakat. Salah satu usaha desa yang mudah yaitu BUMDes. Badan Usaha Milik Desa merupakan sebuah inisiatif yang terdiri dari beberapa unit usaha yang dijalankan sesuai dengan sistem pemerintahan yang berlandasan hukum dan kemudian dikelola oleh anggota masyarakat dengan tujuan mencapai peningkatan ekonomi yang signifikan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan lokasi penelitian di BUMDes UJUB Desa Srowot, Kec. Kalibagor, Kab. Banyumas. Peneliti menerapkan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan uji triangulasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis deskriptif model yang dikembangkan Milles dan Huberman, dimulai dari reduksi data, penyajian data, hingga memperoleh kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran BUMDes dalam masyarakat cukup baik namun belum maksimal, peran tersebut seperti adanya unit toko yang mampu melayani segala kebutuhan dasar masyarakat dan juga program pemberdayaan lembaga desa seperti LINMAS yang diberdayakan untuk bertugas setiap malam di BUMDes dan juga melegalisasi pupuk organik buatan POKMAS. BUMDes UJUB juga berhasil menambahkan Pendapatan Asli Desa (PADes) melalui beberapa unit usaha yang dijalankan. Untuk tingkat efektivitas BUMDes juga cukup maksimal dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat meskipun belum optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran BUMDes, Evektifitas BUMDes, Kesejahteraan masyarakat
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mohamad Kholidin Sdr
Date Deposited: 16 Jul 2024 04:05
Last Modified: 16 Jul 2024 04:05
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26297

Actions (login required)

View Item View Item