IMPLEMENTASI METODE ACTIVE LEARNING PEMBELAJARAN KELAS 4 DI SDN 01 PANGEBATAN PADA KURIKULUM MERDEKA

Surya, Wijaya (2024) IMPLEMENTASI METODE ACTIVE LEARNING PEMBELAJARAN KELAS 4 DI SDN 01 PANGEBATAN PADA KURIKULUM MERDEKA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi Surya wijaya adi sulistyo_1917405087 di ttd.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Pembelajaran active learning merupakan salah satu metode pembelajaran yang banyak dibicarakan orang. Pendekatan active learning yaitu strategi yang melibatkan siswa secara penuh dalam proses pembelajaran. Siswa didorong untuk beraktivitas mempelajari materi pelajaran sesuai dengan topik yang dipelajarinya. Belajar dalam keaktifan bukan hanya sekedar mendengarkan dan mencatat, tetapi belajar adalah proses berpengalaman secara langsung. Melalui proses berpengalaman itu diharapkan perkembangan siswa terjadi secara utuh, yang tidak hanya berkembang dalam aspek kognitif saja, tetapi juga aspek afektif dan juga psikomotorik. Belajar melalui pendekatan active learning diharapkan siswa dapat menemukan sendiri materi yang dipelajarinya. Jenis penelitian yang dilakukan peneliti adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif berupa kumpulan data, kata-kata atau kalimat dari gambaran yang ada dan bukan berupa angka atau perhitungan antara lain dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian tentang implementasi metode active learning dalam pembelajaran kelas 4 SD Negeri 01 Pangebatan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode active learning dikelas 4 guru memperhatikan serta mempertimbangkan kebutuhan para peserta didik, media pembelajaran yang sesuai dan sumber bahan pembelajaran. Oleh guru, diikuti dengan sesi tanya jawab untuk menggali pemahaman siswa tentang materi yang akan dipelajari. Bagaimana cara guru menerapkan metode active leraning dikelas yaitu meliputi metode pembelajaran terlebih dahulu. Setelah itu guru memilih strategi yang tepat untuk dipraktikan kepada peserta didik agar dapat mudah dipahami. Selama proses pembelajaran, terdapat kemajuan yang memuaskan. Akan tetapi, tercatat masih ada sejumlah siswa yang terlihat enggan dalam mempresentasikan materi. Hal ini bisa jadi karena adanya berbagai pengaruh, seperti kondisi keluarga atau suasana lingkungan yang belum sepenuhnya kondusif untuk kegiatan belajar mereka. Pentingnya dukungan dari keluarga dan lingkungan yang positif sangat berperan dalam memberikan keberanian kepada siswa untuk aktif berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran. Kata Kunci: Metode active learning, Pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Metode active learning, Pembelajaran
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Surya wijaya Adi Sulistyo Sdr
Date Deposited: 16 Jul 2024 04:03
Last Modified: 16 Jul 2024 04:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26296

Actions (login required)

View Item View Item