PEMBAGIAN PERAN SUAMI ISTRI PADA KELUARGA DIFABEL PERSPEKTIF GENDER (STUDI KASUS DI KECAMATAN KALIMANAH KABUPATEN PURBALINGGA)

Siti, Salamah (2024) PEMBAGIAN PERAN SUAMI ISTRI PADA KELUARGA DIFABEL PERSPEKTIF GENDER (STUDI KASUS DI KECAMATAN KALIMANAH KABUPATEN PURBALINGGA). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Siti Salamah_Pembagian Peran Suami Istri pada Keluarga Difabel Perspektif Gender (Studi Kasus di Kecamatan Kalimanah Kabupaten Purbalingga).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Keterbatasan ini mendorong adanya kesetaraan gender dengan bekerjanya perempuan di wilayah publik sehingga perempuan memiliki hak yang setara dengan laki-laki. Namun terdapat beban ganda yang harus dijalani oleh istri karena bekerja di luar rumah untuk membantu perekonomian keluarga dan juga tetap menjalankan pekerjaan rumah (domestik). Tujuan penelitian ini guna mendeskripsiskan dan menganalisis pembagian peran suami istri pada keluarga difabel di Kecamatan Kalimanah Kabupaten Purbalingga dalam perspektif gender. Penelitian ini menggunakan metode sosiologi hukum dengan menggunakan gender sebagai cabang dari sosiologi hukum tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan atau field research. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan gender dengan menggunakan analisis model harvad sebagai dasar dalam menganalisis data. Dari hasil penelitian diperoleh dua pola pembagian peran antara suami istripada keluarga penyandang difabel di Kecamatan Kalimanah dengan menggunakan analisis gender model harvad ini, yakni: (1) aktivitas produktif, reproduktif dan sosial, pasangan penyandang difabel yang diteliti memiliki beragam hubungan yang dalam pandangan gender perempuan tetap masih terjadi beban ganda bagi perempuan dari seluruh pasangan penyandang difabel yang diteliti karena suami istri sama-sama bekerja, namun mengurus rumah tangga tetap tugas istri., (2) akses dan kontrol atas sumber daya dan pendapatan, keluarga penyandang difabel dalam penelitian ini memiliki keragaman profil akses dan kontrol. Terdapat keseimbangan akses dan kontrol yang dimiliki oleh satu pasangan, sedangankan pasangan lainya memiliki profil akses dan kontrol yang hampir sama yaitu pada akses pengelolaan keuangan dimana semua akses ada pada istri tetapi tetap dalam kontrol suami.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran, Pasangan Difabel, Gender
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.4 Kedudukan Wanita dalam Islam
300 Social sciences > 302 Social interaction
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Siti Salamah Sdri
Date Deposited: 16 Jul 2024 03:34
Last Modified: 16 Jul 2024 03:34
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26279

Actions (login required)

View Item View Item