Komodifikasi Agama Dalam Film Pk (Analisis Semiotika Charles Sandres Pierce)

Rahmat, Adi Rahayu (2024) Komodifikasi Agama Dalam Film Pk (Analisis Semiotika Charles Sandres Pierce). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Rahmat Adi Rahayu_Komodifikasi Agama Dalam Film PK (Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Film peekay (PK) merupakan film bergenre drama komedi bernuansa keagamaan yang berasal dari India, disutradarai oleh Rajkumar Hirani dan tokoh penting yang membantu jalannya cerita film ini yaitu Amir Khan sebagai peekay (PK). Film peekay (PK) memberikan gambaran bagaimana kehidupan beragama di India, bagaimana cara adat kebiasaan masyarakat multikultural dalam menjalani hidup beragama serta bagaimana seseorang yang tidak mengerti agama mencari Tuhan yang sebenarnya diantara semua agama yang mempercayai Tuhan yang berbeda. Film ini juga menjadi salah satu film yang terdapat komodifikasi agama dalam adegan filmnya. Komodifikasi agama merupakan perubahan nilai dan sumber nilai-nilai normatif yang berdasarkan pada keyakinan dan praktik agama. Hal ini yang menjadikan peneliti tertarik untuk meneliti Di Indonesia fenomena komodifikasi agama sudah banyak tersebar diberbagai sektor tanpa terkecuali bentuk-bentuk komodifikasi agama dalam Film peekay (PK).. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran umum pada film peekay (PK) dan mengetahui bagaimana komodifikasi agama dalam film peekay (PK) dengan analaisis semiotika (Charles Sanders Pierce). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan langkah awal melakukan observasi film dan studi dokumen berupa buku-buku, jurnal artikel dan skripsi terkait. Penelitian ini menggunakan teori komodifikasi Vincent Mosco dan dianalisis menggunakan Semiotika (Charles Sanders Pierce). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1). Film peekay (PK) menjadi salah satu film bergenre komedi dengan menampilkan nuansa keagamaan, yang mana dalam film ini juga menampilkan komodifikasi agama di beberapa adegan filmnya. Film ini menampilkan sesosok ailen yang bernama Peekay (PK) mendarat di tanah yang tandus untuk melaksanakan misi di bumi. Selama di bumi dia mengalami berbagai masalah mulai dari hilangnya alat komunikasi dengan kawanannya hingga permasalahannya dengan umat manusia yang menuntutnya untuk mempelajari kebudayaan, bahasa hingga kepercayaan yang ada pada manusia. Bentuk adaptasi inilah yang menjadi jalan cerita film yang menampilkan berbagai nuansa keagamaan hingga pada bentuk-bentuk komodifikasi agama (2). Terdapat beberapa bentuk komodifikasi agama diantaranya yaitu pemanfaatan simbol keagamaan sebagai peluang bisnis, media massa sebagai sarana penjualan simbol keagamaan, pemanfaatan agama sebagai bahan marketing, penjualan produk dengan label keagamaan, dan isu agama dimanfaatkan untuk kepentingan media. Hal inilah yang menjadikan peneliti tertarik untuk meneliti komodifikasi agama dalam film PK dengan analisis semiotika Charles Sanders Pierce.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Massa, Komodifikasi Agama, dan Film PK
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 294 Religions of Indic origin
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora > Studi Agama - Agama
Depositing User: Rahmat Adi Rahayu
Date Deposited: 16 Jul 2024 03:58
Last Modified: 16 Jul 2024 03:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26278

Actions (login required)

View Item View Item