Dukungan Sosial dalam Mengembangkan Peneriman Diri Anak (Studi Kasus Anak Mantan Narapidana di Karanganyar Kabupaten Purbalingga)

Martina, Larassanti (2024) Dukungan Sosial dalam Mengembangkan Peneriman Diri Anak (Studi Kasus Anak Mantan Narapidana di Karanganyar Kabupaten Purbalingga). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Martina Larassanti_Dukungan Sosial dalam Mengembangkan Penerimaan Diri Anak (Studi Kasus Anak Mantan Narapidana di Karanganyar Kabupaten Purbalingga ).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penerimaan diri merupakan proses yang kompleks dan penting dalam perkembangan seseorang, terutama dimasa remaja dan masa dewasa. Dalam kehidupan seorang anak yang memiliki orangtua narapidana akan mengalami dampak perubahan mulai dari keadaan, fisik, dan mental. Anak-anak dari orangtua mantan narapidana akan mendapatkan tekanan dari lingkunganya dengan cara dikucilkan, dan dibully. Perilaku tersebut yang memberikan dampak tekanan yang lebih berat kepada anak mantan narapidana hingga mempengaruhi perkembangan penerimaan diri anak mantan narapidana rendah. Dalam masa itu memang sangat penting adanya peran orangtua dan lingkungan sosialnya agar anak dapat mengontrol emosi positif maupun negatif yang dimilikinya. Penting diperlukannya dukungan sosial yang dapat mengarahkan anak untuk mampu memaknai kembali kualitas hidup dan mengarahkannya pada gaya hidup yang positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tentang aspek - aspek dukungan sosial untuk mengembangkan penerimaan diri seorang anak dari orang tua narapidana. Sampel diambil dari dua orang anak yang orangtuanya mantan narapidana berdasarkan hasil observasi awal. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan validasi data berdasarkan hasil wawancara dengan subjek/ sumber dukungan dua orang anak dari orangtua mantan narapidana. Hasil Penelitian ini menunjukkan dukungan sosial dalam aspek emosional, penghargaan, instrumental, dan informatif yang diberikan kepada anak mantan narapidana berpengaruh pada perkembangan penerimaan diri anak mantan narapidana. Pengaruh perubahan penerimaan diri anak mantan narapidana dilihat pada aspek penerimaan diri seperti, aspek penerimaan, aspek penghargaan, dan aspek pemahaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dukungan Sosial pada penerimaan diri anak
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.13 Interaksi Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.14 Perubahan Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.15 Kelompok Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Martina Larassanti sdri
Date Deposited: 16 Jul 2024 03:39
Last Modified: 16 Jul 2024 03:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26275

Actions (login required)

View Item View Item