PENGUATAN PERAN GURU PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM PENDIDIKAN BERBASIS KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMA IT AL-IRSYAD AL-ISLMAIYYAH PURWOKERTO

Nurila Dwi, Aprilia (2024) PENGUATAN PERAN GURU PAI DAN BUDI PEKERTI DALAM PENDIDIKAN BERBASIS KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMA IT AL-IRSYAD AL-ISLMAIYYAH PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKIRIPSI_NURILA DWI APRILIA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah faktor krusial dalam pembangunan masyarakat suatu negara. Di era globalisasi saat ini, Indonesia dihadapkan pada tantangan signifikan dalam bidang pendidikan. Guru dihadapkan pada tantangan menyelenggarakan pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sambil menanggapi keluhan dari orang tua dan peserta didik terkait tekanan mencapai nilai minimal. Guru PAI menghadapi kesulitan memahami dan menerapkan kurikulum dengan efektif serta menjaga aspek keagamaan dan nilai-nilai Islam dalam pembelajaran. Evaluasi terhadap peran mereka dalam mencapai tujuan Kurikulum Merdeka Belajar, termasuk meningkatkan kreativitas, inovasi, dan karakter siswa, menjadi perhatian utama. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan hasil dari observasi non partisipan dan wawancara secara langsung kepada pihak-pihak terkait seperti Waka Kurikulum,Guru PAI dan Budi Pekerti, dan siswa menjadi sumber data primer. Sedangkan pengumpulan dokumentasi berupa gambar, dokumen, arsip, maupun laporan menjadi sumber data sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan dalam proses analisis data melalui tiga tahap, yaitu tahap penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini bahwa penguatan peran guru PAI dan Budi Pekerti dalam pendidikan berbasis Kurikulum Merdeka Belajar berupa peran guru sebagai pembimbing, contoh dan teladan, faasilitator, motivator dan penasehat, dan evaluator. Dalam hal ini memiliki faktor penghambat berupa penyesuain kebijakan yang berubah-ubah dan kemampuan peserta didik yang beragam. Sedangkan faktor pendukungnya yaitu, berupa dukungan internal dari sekolah, kesesuaian kompetensi tenaga pendidik dalam bidangnya, dan ditunjang dengan sarana prasarana yang memadahi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pendidikan, Peran Guru PAI Dan Budi Pekerti,Kurikulum Merdeka Belajar.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.35 Kurikulum
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurila Dwi Aprilia sdri
Date Deposited: 16 Jul 2024 07:25
Last Modified: 16 Jul 2024 07:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26258

Actions (login required)

View Item View Item