TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP PEMBATALAN SEPIHAK PADA TRANSAKSI ONLINE PRAKTIK SEWA JASA CETAK DOKUMEN (STUDI KASUS PADA USAHA FOTOKOPI DI KELURAHAN PURWANEGARA, KECAMATAN PURWOKERTO UTARA)

EDISA, NUR ANGGRAENI (2024) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP PEMBATALAN SEPIHAK PADA TRANSAKSI ONLINE PRAKTIK SEWA JASA CETAK DOKUMEN (STUDI KASUS PADA USAHA FOTOKOPI DI KELURAHAN PURWANEGARA, KECAMATAN PURWOKERTO UTARA). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Edisa Nur Anggraeni_Tinajaun Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Pembatalan Sepihak Pada Transaksi Online Praktik Sewa Jasa Cetak Dokumen (Studi Kasus pada Usaha Fotokopi di Purwanegara, Kecamatan Purwokerto.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kegiatan muamalah yang sering dilakukan oleh masyarakat adalah kegiatan ija>rah atau sewa menyewa. Sewa menyewa adalah pemindahan hak guna (manfaat) atas suatu barang atau jasa dalam jangka waktu yang telah ditentukan melalui pembayaran sewa atau upah. Praktik yang terjadi di masyarakat adalah sewa jasa cetak dokumen yang dilakukan secara online melalui platform whatsapp. Konsumen yang hendak cetak dokumen tinggal kirim melalui whatsapp dan diambil ketika prinan sudah siap. Namun pada praktiknya terdapat pembatalan yang dilakukan oleh konsumen dan terdapat rukun dan syarat yang belum sesuai. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui praktik pembatalan sepihak pada sewa jasa cetak dokumen menurut hukum ekonomi syariah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) merupakan penelitian yang dilakukan langsung ditempat penelitian dengan pendekatarn yuridis empiris. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder dengan pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah menggunakan analasis deduktif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ija>rah diperbolehkan jika sesuai dengan ketentuan syariat Islam. Jika dilihat dari hasil penelitian bahwasannya rukun dan syarat dalam ija>rah terdapat ketidaksesuaian yang dimana tidak adanya pemberian upah dan tidak adanya kejelasan waktu pengambilan. Dan dalam penelitian ini pembatalan sepihah tidak sesuai dengan Hukum Islam yaitu menurut ulama Hanafi dan Ulama Syafi’iyah bahwa pembatalan dapat dilakukan dengan syarat-syarat tertentu saja karena dapat merugikan pihak lain yaitu dalam hal ini pihak fotokopi. Kata Kunci : Pembatalan Sepihak, Ija>rah dan Hukum Ekonomi Syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pembatalan Sepihak, Ija>rah dan Hukum Ekonomi Syariah.
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.29 Aspek Muamalah lain (Taflis, Ihya ul mawaat, Ujroh (upah)Hajr, Luqatah, Kharaj, Jizyah)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Edisa Nur Anggraeni
Date Deposited: 16 Jul 2024 01:45
Last Modified: 16 Jul 2024 01:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26255

Actions (login required)

View Item View Item